PAGARUYUNG EXPO 2019, BATIK TULIS WARNAI STAND NAGARI TUO PARIANGAN


Realitakini.com BATUSANGKAR 
Pagelaran Festival pesona Minangkabau yang di buka 04-08 Desember 2019 menghadirkan  budaya tradisional dan kesenian daerah ada 16 event yang di hadirkan dalam pagelaran ini salah satunya Pagaruyung Expo.Pagaruyung Expo di gelar sejalan dengan Festival pesona minangkabau merupakan ajang promosi potensi daerah dalam bentuk kerajinan tangan, pariwisata, pertanian dan penyampaian informasi pembangunan.

Peserta event ini adalah dari semua SPOD,  kecamatan se Tanah Datar, kabupaten/kota lain di Sumatera,  dan satu nagari ikut dalam ajang PE adalah Nagari Tuo Pariangan.Saat di konfirmasi apa yang melatar belakangi sehingga Nagari Tuo ikut Pameran dalam Pagaruyung Expo salah seorang dari penjaga stand bernama Roswita memberi penjelasan pada hari kamis 05/12/2019 di lapangan Cinduemato.

Rostati mengatakan ikutnya Nagari tuo dalam pagaruyung expo tahun ini merupakan sebuah keinginan dan semangat dari pimpinan nagarinya serta warganya untuk ikut dalam acara event Tahunan Tanah Datar itu.

"Ikutnya Nagari Tuo Pariangan dalam pameran Pagaruyung Expo merupakan semangat dari Walinagari kami Pak April khatib Saidi, beliau lah yang mendorong dan memberi semangat untuk ikut serta dalam pameran ini," kata Rostati

Rostati juga menjelaskan semua barang yang di pamerkan di stand nya merupakan hasil karya dari warga yang ikut dalam bermacam pelatihan. baik berupa gantungan kunci, kain batik, makanan , atau pun hasil karya lainnya.Dalam penjelasannya melaui telepon Walinagari Tuo Pariangan April Khatib Saidi menjelaskan kepada Wartawan bahwa tujuannya ikut dalam event Pagaruyung Expo adalah untuk memperkenalkan tentang hasil karya nagari Tuo Pariangan dan wisata alamnya.

"Tujuan Nagari Tuo Pariangan ikut pameran kali ini adalah untuk mempromosikan karya anak nagari seperti Batik Tulis yang merupakan ciri kas batik pariangan, di samping foto foto galeri nagari, dan foto foto pariwisata harapan kami dengan ikut event ini orang lebih tahu tentang Nagari Tuo Pariangan dan dengan itu akan semakin banyak pengunjung,nya," Kata Khatib Saidi.

April Khatib Saidi juga menyampaikan ikutnya nagari yang di pimpinnya di Pagaruyung Expo adalah untuk ikut menyukseskan program Pemerintah. (M).

Post a Comment

Previous Post Next Post