Follow Us

header ads

Semen Padang Serahkan CSR Berupa Alat Pengolahan Sampah pada Dasa Wisma Kemiri 8 Panti

Realitakini.com - Pasaman.
PT. Semen Padang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) memberikan bantuan sebanyak 20 unit alat pengolahan sampah kepada Dasawisma Kemiri 8 Jorong Sentosa Nagari Panti Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bantuan ini diserahkan dalam program wanita peduli sampah, terutama bagi kalangan Ibu rumah tangga di daerah itu.  

Informasi yang dihimpun Realitakini,com bantuan ini, diserahkan oleh Direktur PT. Semen Padang melalui staf Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Padang, Jayus Karnedi kepada Ketua Dasawisma Kemiri 8, Irawati di halaman Kantor Camat Panti, Senin (31/8/2.20).

"Ini merupakan salah satu komitmen PT Semen Padang terhadap lingkungan di sekitar  dan menunjang program wanita peduli sampah di Pasaman," kata Staf CSR PT Semen Padang Jayus Karnedi usai penyerahan bantuan. 

Dia menjelaskan, alat pengolahan sampah yang diberikan ini, sebanyak 20 unit. "Kita berharap masyarakat terutama bagi ibu rumah tangga pada Dasa Wisma Kemiri 8 dapat memanfaatkan alat pengolahan sampah tersebut dengan baik, serta menjaga dan merawatnya," pintanya.

Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis mengucapkan terimakasih kepada PT. Semen Padang atas bantuan alat pengolahan sampah tersebut, semoga kedepan bantuan ini terus berkelanjutan. 
Selain itu, bantuan alat pengolahan sampah itu akan dimanfaatkan oleh Dasawisma Kemiri 8 terutama bagi ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah terutama sampah rumah tangga di daerah ini. 

"Mudah-mudahan, dengan adanya alat pengolahan sampah ini, kedepan para Ibu rumah tangga di daerah ini dapat  memanfaatkan sampah an organik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat digunakan kembali," tandasnya.

Sementara itu ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny Suryani Yusuf Lubis yang hadir dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa, program wanita peduli sampah di Provinsi Sumatera Barat telah dimulai pada Tahun 2018. 

Kata Ny Suryani, dalam pengelolaan sampah terutama sampah rumah tangga, wanita sangat berperan penting. "Kaum ibu adalah sosok utama yang menjaga kebersihan dan keindahan rumah tangga dan lingkungan disekitarnya," ujarnya. 

Menurutnya, pengelolaan sampah yang dapat dilakukan secara sederhana di rumah tangga antara lain pemilahan sampah bisa terpilah 3 jenis atau terpilah 5 jenis sampah, membuat kompos dari sampah - sampah organik dan juga memanfaatkan sampah an organik menjadi barang-barang daur ulang yang dapat digunakan kembali.

Karena itu, salah satu pelaksanaan program Wanita Pedul Sampah ini adalah penyerahanbantuan peralatan pengelolaan sampah kepada dasa wisma. Dan dari hasil verifikasibersama antara Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, Dinas Lingkungan

Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman dan TP-PKK Kabupaten Pasaman maka ditunjuk Dasawisma Kemiri 8 sebagai penerimabantuan peralatan pengelolaan sampah tersebut

"Dasa Wisma Kemiri 8 ini termasuk Dasa Wisma yang berprestasi. Dasa Wisma Kemiri 8 ini juga merupakan Juara 1 dasa wisma berprestasi tingkat Kecamatan Panti, Juara Harapan I| Dasa Wisma berprestasi tingkat Kabupaten Pasaman, dan Juara 1 Lomba Nagan Bersih dan Hijau tingkat kecamatan Panti Tahun 2020," kata Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman itu. 

Turut hadir pada kesempatan itu. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pasaman, Camat Panti, Ketua TP-PKK Kecamatan Panti beserta Anggota, Wali Nagari Panti dan Ketua TP-PKK Nagari Panti beserta Anggota serta undangan lainnya. (Nurman)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom