Kepala MTsN Lubuk Buaya Padang Zakri Mukhtar : Pola Pendidikan Yang Dilakukan Terus Dievaluasi

Realitakini.Com-Padang 
Memiliki siswa berprestatsi tentunya jadi target bagi setiap sekolah yang ada. Tak terkecuali  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lubuk Buaya, Padang yang telah membuktikan itu,  .mulai dari prestatsi local hingga sampai kepada tingkat nasional.  Hal itu tidak terlepas dari peran pihak sekolah yang memberikan kesempatan kepada tiap murid dalam mengasah kemampuan menuju prestasi luar biasa yang membanggakan.  Namun walpun begitu ,apaun bentuk keberhasilan  siswa atau sekolah tidak terlepas dari kerja keras kepala sekolah, guru dan warga sekolah lainnya Kepala MTsN Lubuk Buaya Padang Zakri Mukhtar menyampaikan pola pendidikan yang dilakukan terus dievaluasi. Sehingga ada batasan dan kriteria yang dicapai. Dia meyakini upaya ini dapat terwujud dengan kekompakan dan kesadaran guru dalam mendidik. Dalam dunia pendidikan MTsN Lubuk Buaya telah mengukirkan segudang prestasi melalui siswa siswinnya, baik secara kelompok maupuk individual.
Dia menyebutkan prestasi tidak hanya dibidang keagamaan, bidang sains juga menjadi prestasi yang patut dibanggakan. Zakri Mukhtar menyampaikan bahwa siswanya memang diberikan kesmpatan seluas-luasnya untuk ikut dalam kegiatan di luar proses belajar mengajar, seperti berbagai kegiatan perlombaan.Selain mengasah kemampuan siswa dalam bidang lomba, keikutsertaan siswa ini untuk membentuk karakter siswa. Siswa mendapat tantangan ketika berlomba. Berhadapan dengan peserta lainnya.  tentunya membuat siswa terbiasa untuk berkompetisi. Sehingga ini menjadi bekal siswa nantinya setelah menamatkan pendidikan di MTsn Lubuk Buaya ini.
Zakri tak khawatir jika perlombaan yang diikuti siswnya mengganggu proses akademik disekolah. Hal ini telah dibuktikannya, siswa yang meraih juara di luar sekolah  seperti mengikuti lomba, ketika di sekolah nilai akademiknya akan baik.

Dua sisi ini, diyakini Zakri tak lepas dari peran guru. Pasalnya guru ikut memberikan motivasi 
sehingga bakat siswa ini muncul. Guru juga mengarahkan misalnya aktif dibidang olahraga atau seni. Sehingga siswa tidak kehilangan arah.Sekolah tidak membatasi atau mengatur apa yang menjadi keinginan siswa. Misalnya, ada bakat siswa dalam seni, maka akan terus didorong sehingga berhasil dan menorah prestasi.Untuk mutu pendidikan disekolah, Zakri juga menyiapkan sarana dan prasarana pendukung. Seperti menyediakan labor, ruang belajar, dan lainnya. Komitmen ini telah disampaikan pada seluruh guru, dan mendapatkan dukungan. Catatan Di Tahun Pelajaran 2015/2016
1.) Siswa tahun pelajaran 2015/2016, satu orang berprestasi memperoleh medali Perak dalam Kopetisi Sains Madrasah (KSM) nasional 2015 bidang Matematika di Palembang dari MTsN Lubuk Buaya lulus di SMA Sumbar atas nama Muslihuddin Sa’di 2).5 orang siswa lulus di SMA 1 Kota Padang melalui jalur Mandiri, 5 orang melalui jalur Reguler. 3) .Masing-masing 5 orang siswa lulus di SMA 3, SMA 10, Padang melalui jalur Mandiri.4).20 orang lulus di SMAKPA dan SMTI Padang melalui jalur Mandiri.
5.) 40 orang lulus di SMA 2, SMA 7, SMA 8, Padang melalui jalur Mandiri dan Reguler. jalu
6.) 20 orang lulus di MAN 2 Padang, MAN 3 Padang melalui (Fb/Wt)
Previous Post Next Post