Perempuan Inspiratif dan Perempuan Tangguh Anugerahkan Penghargaan oleh Pemko Padang

Realitakini.com-Padang 
Melalui tulisannya yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" Perjuangan Raden Ajeng (RA) Kartini telah membawa perubahan besar terhadap kondisi sosial perempuan di Indonesia, dimana saat ini perempuan mendapatkan kesempatan dan hak yang sama dengan kaum laki-laki dalam memperoleh pendidikan, pekerjaan, dan mengeluarkan pendapat serta pemikiran. Kartini mampu menginspirasi banyak perempuan untuk bangkit dan berkarya. Hal tersebut dikatakan Wali Kota Padang Mahyeldi pada acara puncak Peringatan Hari Kartini Tingkat Kota Padang di Hotel Axana, Senin (22/4/2019). 

"Seiring perkembangan zaman, kaum perempuan banyak yang menjalani fungsi ganda. Fungsi pertama sebagai ibu di rumah tangga yang bertanggung jawab mendampingi suami, mengasuh dan mendidik anak-anak. Sedangkan fungsi kedua membantu mencari nafkah untuk keluarga, baik sebagai wanita karier di instansi pemerintah ataupun di perusahaan swasta dan membuka usaha sendiri", tutur Mahyeldi.

"Untuk itu, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang pada tahun ini memberikan penghargaan kepada para perempuan yang dinilai inspiratif bagi lingkungan sekitarnya dan juga perempuan yang dianggap tangguh mencari nafkah dalam memperjuangkan hidup keluarganya", tuturnya lagi.

"Hal ini merupakan wujud pemberdayaan perempuan yang diamanatkan dalam Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pengembangan Peranan Perempuan Dalam Pembangunan Berbasiskan Kelurahan", jelas Mahyeldi. 

Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Padang Heryanto Rustam mengatakan, tujuan dilaksanakan peringatan Hari Kartini adalah agar masyarakat, terutama generasi muda senantiasa ingat perjuangan RA Kartini dan kebangkitan kaum perempuan.Puncak peringatan Hari Kartini Tingkat Kota Padang tersebut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Padang Harneli serta Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan se-Kota Padang, dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang. Berikut nama-nama pemenang Perempuan Inspiratif dan Perempuan Tangguh Tingkat Kota Padang: 

Perempuan Inspiratif
Juara I : Defriyeni Dahar (Kec.Lubuk Kilangan) 
Juara II: Mina Dewi Sukmawati (Kec. Kuranji) 
Juara III: Fitriati (Kec. Koto Tangah) 

Perempuan Tangguh
Juara I: Rita (Kec. Lubuk Kilangan) 
Juara II: Melinar (Kec. Padang Selatan) 
Juara III: Susi Karmila (Kec.Bungus T. Kabung) 

Masing-masing pemenang pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa barang senilai Rp. 4 Juta untuk Juara I, Rp. 3 Juta untuk Juara II dan Rp. 2 Juta untuk Juara III. Selamat kepada para pemenang dan teruslah menginspirasi kaum perempuan di Indonesia, khususnya di Kota Padang. ( Hms/wt)

Post a Comment

Previous Post Next Post