Gubernur Sumbar :Livestock Expo,Ajang Peluang Usaha Kembangkan Produksi Ternak Ke Depannya.


Realitakini.com-Padang
Kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 yang digelar di Kota Padang selama 26-28 Juni telah berakhir sukses dengan ditutup secara resmi Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno, Jumat (28/6). berlangsung di halaman Kantor Balai Kota Padang, Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menyampaikan kegiatan Livestock Expo, ini merupakan ajang peluang usaha sharing informasi tentang bagaimana mengembangkan produksi ternak ke depannya. 

Event tahunan yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan itu, juga merupakan ajang pemanasan jelang Pekan Nasional (Penas) Tani, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XVI tahun 2020 yang bakal digelar di Ibukota Provinsi Sumatera Barat tersebut.Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, atas nama Pemprov Sumbar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemko Padang yang mampu menggelar Livestock Expo dan Kontes Ternak secara baik dan sukses. Begitu juga apresiasi juga patut dilimpahkan kepada seluruh peserta, stakeholder terkait dan pihak pendukung yang telah berpartisipasi mendukung kesuksesan acara tersebut. 

"Terima kasih kami sampaikan kepada Kota Padang selaku tuan rumah yang baik dalam menggelar Livestock Expo dan Kontes Ternak tahun ini," ungkapnya sewaktu menutup kegiatan yang berpusat di belakang Kantor Balai Kota Padang, Aie Pacah itu.

Gubernur Irwan melanjutkan, dengan adanya kegiatan ini tentunya diharapkan tercapainya beberapa tujuan. Antara lain seperti mempromosikan hasil-hasil peternakan yang ada di 19 kabupaten/kota se-Sumbar, lalu memotivasi peternak untuk dapat meningkatkan produksi serta ajang silaturahmi antar peternak dan sekaligus memperluas jejaring usaha serta akses permodalan.

"Sebagaimana sesuai tema yang diangkat yakni, melalui Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 kita tingkatkan pemberdayaan peternak sebagai mitra dalam pembangunan peternakan," tukasnya.
Selain itu kata Irwan, kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi para peternak, warga dan pihak terkait lainnya. Salah satunya dalam upaya peningkatan produksi daging di Sumbar. 

"Sebagaimana saat ini peternak di Sumbar masih belum bisa memenuhi kebutuhan daging sapi. Sementara ketersediaan stok daging sapi masih didatangkan dari luar daerah," katanya.

"Semoga para petani dan peternak dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. Mari kobarkan semangat dalam berusaha, tingkatkan kemampuan dalam berkolaborasi dan bersinergi serta jadilah peternak yang tangguh, mandiri dan visioner ke depan hingga masa-masa yang akan datang,” tukas gubernur. Selanjutnya bagi Kota Padang mari jadikan ajang ini evaluasi dan persiapan untuk menghadapi Penas KTNA pada Juni 2020 mendatang," imbuh gubernur.

Sementara itu Wali Kota Padang diwakili Asisten Administrasi, Didi Aryadi mengatakan atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Padang mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumbar atas ditunjuknya Kota Padang sebagai tuan rumah kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019.
"Event ini diharapkan menjadi media informasi, dan sebagai langkah awal bagi Kota Padang dalam mempersiapkan diri menuju Penas KTNA XVI tahun 2020," ucapnya
.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Syaiful Bahri selaku ketua penyelenggara Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 menerangkan, dalam kegiatan ini beragam acara dilaksanakan. Diantaranya kontes ternak dari para peternak se-Sumbar. Kategori yang dilombakan untuk anak simental, induk simental dan kambing. 

Kemudian katanya, juga ada stan promosi dari pemerintah kabupaten/kota se-Sumbar terkait peternakan dan keswan. Selanjutnya ada juga stan dari UPT pusat seperti BPTU Padang Mangatas, Balai Veteriner Bukittinggi dan BPTP Sukarami Solok. Lalu juga ada stan untuk mitra-mitra seperti Japfa Comfeed, Bank Mandiri, BRI dan Bank Nagari Serta Fakultas Peternakan Unand Padang, Politeknik Pertanian Payakumbuh dan lainnya.

“Selain itu juga ada lomba asah terampil, lomba ayam kukuak balengek dan lomba baju kurung basiba. Kemudian rapat koordinasi antar kepala OPD yang menangani fungsi peternakan se-Sumbar, seminar nasional, kesenian dan olah raga, cerdas cermat antar petugas dan hiburan lainnya,” tuturnya.
"Kita tentu mengucapkan selamat bagi para peserta baik yang telah berpartisipasi maupun yang meraih juara pada kegiatan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 ini.Dimana untuk juara umum diraih Kabupaten 50 Kota dan Kabupaten yang sukses menjadi Juara Umum seluruh kontes," ucapnya
.
Ia berharap, agar pelaku usaha terus meningkatkan produksi ternak karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi. “Integrasikan kedua hal ini, kebutuhan daging kita luar biasa, sapi masih impor sementara kita mempunyai lahan yang banyak dan juga masyarakat yang siap untuk beternak,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada perusahaan-perusahaan perbankan yang turut hadir dalam acara ini untuk membantu UMKM-UMKM yang bergerak di bidang peternakan. “Bank mempunyai peranan penting sebagai mitra dalam menggerakkan ekonomi khususnya bagi para peternak,” kata Irwan. Disamping itu,Gubernur sangat mengapresiasi atas usaha yang telah dilakukan Pemerintah Kota Padang Panjang dalam mengelola hasil produksi olahan susu berupa keju yang diproduksi pelaku usaha pengolahan susu di daerah itu.

“Produk susu sapi perah dan olahannya telah menjadi ciri khas Kota Padang Panjang, pertahankan dan tingkatkan terus,” katanya.Dia juga mengucapkan terima kasih yang kepada seluruh panitia yang telah berpartisipasi sehingga event tahunan ini terlaksana dengan baik  Dalam penutupan Livestock Expo dan Kontes Ternak 2019 tersebut juga diselingi dengan penandatangan beberapa jenis MoU tentang kerjasama peternakan dan penghargaan kepada beberapa pihak terkait. Juga hadir dikesempatan itu Dirjen PKH yang diwakili Kasubid Standarisasi dan Mutu Ternak, M. Imron. Selain itu juga dihadiri para kepala daerah se-Sumbar atau yang mewakili, unsur Forkopimda Sumbar dan Padang, para pimpinan OPD terkait di lingkup Pemprov Sumbar dan Pemko Padang dan stakeholder terkait lainnya.( *Wt/Dmf)

Post a Comment

Previous Post Next Post