Tangkal Hoax Bagi Generasi Muda Kemenkominfo Adakan Forum Diskusi Publik


Realitakini.com Batusangkar 
Untuk mencegah berita hoax kemenKominfo RI Directoral jendral Informasi dan komunikasih Publik  Mengadakan Forum Diskusi Publik dengan tema Penangkalan Hoax Bagi Generasi Muda Pada hari kamis tanggal 27/06/2019 di Hotel Emersia Batusangkar Sumatera Barat.

Dalam forum diskusi ini Kemenkominfo menghadirkan Narasumber  Kadis Kominfo Tanah Datar Drs Abrar, Pakar Media sosial Drone Emfrit Cavin Rubens Manuputti dan Siti Meiningsih dari Widyaswara LIPI. Dalam forum diskusi ini semua elemen masyarakat di ajak untuk mencegah berkembang nya hoax dengan cara bijak menggunakan media sosial.

Hal ini di sampaikan oleh oleh Plt Direktur Pembinaan media Kementerian Kominfo RI Nurlaili saat ini banyak berkembang informasih baik yang valid dan hoax. karena orang selalu menyebarkannya tanpa  menyaring dulu berita itu benar atau tidaknya.

"Berita cepat berkembang karena pengguna media selalu menyebarkan tanpa menyaring dulu berita itu layak atau tidak nya untuk di share di media sosial. Kominfo  sendiri selalu menyaring setiap informasih yang di terima dengan cara nenyaring dulu.baru di sharing, karena setiap informasih yang tidak bisa di buktikan kebenarannya itu merupakan berita hoax" kata Nurlaili.

Beliau Juga menghimbau kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial, jangan terlalu cepat menshare berita yang di dapat tambahnya, karena ketika kita menshare secara langsung telah ikut menyebarkan berita, kalau berita itu benar tidak jadi masyalah tapi kalau berita itu hoax bisa menimbulkan suatu masyalah.katanya lagi.

Sementara itu Bupati Irdinansyah Tarmizi di wakili oleh Staff ahli Bupati Tanah Datar Nuryedisman mengatakan bahwa berita hoax bisa membuat opini di tengah masyarakat bisa mempengaruhi sosial di tengah masyarakat. beliau menghimbau masyarakat bijak dalam bermedia sosial dengan menyaring informasi yang akan di.sharing. "pengguna android banyak dari kalangan remaja dan anak anak yang masih sekolah bisa mempengaruhi pola pikirnya ketika melihat sesuatu yang belum dia fahami."kata beliau.(M)

Post a Comment

Previous Post Next Post