Bupati Irdinansyah Tarmizi, Hadiri Melewahkan Gala Sepuluh Pemangku Adat Di Nagari Baringin


Realitakini.com Batusangkar 
Bupati Irdinansyah Hadiri "Batagak Penghulu atau Malewahkan gala" sebanyak sepuluh pemangku adat di Rumah Gadang Pincuran Tujuh Nagari Baringin kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Sabtu 27/07/2019.

Kesepuluh pemangku adat itu, dari suku korong panjang Yudarmi gelar Datuk Rajo Endah, Budi Rahmat gelar Datuk Bagindo Malano, Suhaimi gelar Khatib Malano.Dari Suku Korong Gadang Jhon Asmur Efendi gelar Datuk Penghulu Sutan, Refli Rindes gelar Datuk Paduko Kayo dan Suheri gelar Khatib Intan.

Suku Sungai Napa terdiri dari Novrizal gelar Khatib Mangkuto. Serta dari suku Ponco Zaidi Sabar gelar Datuk Rangkayo Mulia, Febrianto gelar Khatib Basa dan Noviardi gelar Dubalang Rajo Mansur.

Dalam kesempatan itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengatakan sesuai dengan visi dan misi kabupaten Tanah Datar yang berdasarkan adat bersandi syarak, Syarak Bersandi Kitabullah, maka batagak penghulu ini sudah sejalan dengan visi dan misi pemerintah kabupaten.

"Saya sangat mendukung dan apresiasi bagi yang telah bekerja sehingga acara batagak penghulu ini bisa terlaksana dan melewahkan gala sepuluh pemangku adat bisa di laksanakan sesuai dengan yang di harapkan." kata Bupati.

Sedangkan Ketua KAN nagari Baringin N. Malin Marajo menekankan ninik mamak apabila sudah di sumpah harus melakukan tugasnya sebagai pemangku adat bagi kaum dan sukunya.Sementara Itu Walinagari Baringin H. Imran Idrus mengatakan penerintah nagari semenjak tahun 2016 sudah berencana melewahkan gala ini, namun baru bisa terlaksana tahun 2019 ini.

"Kedepannya Saya berharap pemangku adat, Ninik mamak mari kita bersama sama selesaikan permasyalahan yang ada di nagari kita sehingga nantinya kampung kita aman dan tertib" Kata H. Imran Idrus. (M)




Post a Comment

Previous Post Next Post