Rumah Saribu Gonjong Di Resmikan,"Novi Rita:Semoga Menjadi Icont Wisata Yang Bisa Menarik Wisatawan Mancanegara

LimaPuluhKota-Realitakini.com
Keragaman arsitektur di Indonesia memang sangat banyak, dan berbeda-beda sesuai dengan kearifan lokalnya masing-masing. Salah satu yang menarik adalah Rumah Gadang atau Rumah Godang di Sumatera Barat.

Rumah Gadang ini nama rumah adat Minangkabau. Nama lainnya Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Menurut adat setempa, rumah ini hanya bisa didirikan di kawasan berstatus nagari (desa).
Berarsitektur unik, rumah adat ini beratap melengkung dan runcing mirip tanduk kerbau terbuat dari daun ijuk, berbentuk empat persegi panjang yang terbagi dua, muka dan belakang.Yang sebelum nya Rumah Gadang ( SARIBU GONJONG )  Di Resmikan Oleh Bupati Lima Puluh kota, Di Jorong Sungai Dadok Nagari Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Oneh,Sabtu(30/08).

Di lain kesempatan Dinas Pariwisata Pemuda dan olah raga kabupaten Lima Puluh Kota melalui Kasi Promosi kepada media ini katakan,"destinasi desa wisata dan juga tak kalah penting nya yang harus kita  ketahui Kenagarian Koto Tinggi salah satu daerah yang bersejarah dalam kemerdekaan Indonesia, padasaat ibukota negara berada di Bukittinggi dari sinilah operasional pergerakan pahlawan nasionalSelain itu tidak ketinggalan untuk wisata budaya budaya dimana terdapat rumah gadang yg masih asli dan terawat dari 4 suku yang terdapat dikawasan ini dan insyaallah akan menjadi homestay jika kita menginap di desa Wisata Sarugo,"ujar nya.

 Di tambahkan lagi,Disini juga terdapat wisata agro memetik sendiri buah jeruk, Petik jagung, serai wangi dan lainnya.Sebenarnya masih banyak yang kita bisa explore disini.Dan juga Atas Dinas Parpora Kabupaten Lima Puluh Kota sangat apresiasi  yang setinggi nya kepada H.Irfendi Arbi Bupati Lima Puluh Kota Yang telah meresmikan  Saribu Rumah Gonjong(Sarugo) di Jorong Sungai Dodok  serta  dukungan Bupati sangat luar biasa terhadap Dinas Parpora sebagai Leding sektor pengembangan destinasi wisata kabupaten lima puluh kota,mudah-mudah han kedepan pariwisata  Sarugo ini dapat di kenal oleh masyarakat lokal dan mancanegara,"harap wanita yang lo fropil itu.(YY)

Post a Comment

Previous Post Next Post