Musrenbangnas Tahun 2021, Bupati Blitar Siap Pulihkan Perekonomian Daerah Dampak Covid-19

Realitakini.com - Kabupaten Blitar.
Bupati Blitar Drs. H. Rijanto, M.M. mengikuti Musrenbangnas Tahun 2021, Kamis (30/4/2020) di kantor Bupati Blitar.Bupati menegaskan, tahun 2021 mendatang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar siap memulihkan kondisi perekonomian daerah yang saat ini terdampak pandemi virus Korona atau Covid-19.

Penegasannya ini didasarkan pada instruksi Presiden Jokowi bahwa tahun 2021 besok menjadi agenda pemulihan ekonomi nasional, yang disampaikan di dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Muserenbangnas) rencana kerja tahun 2021 melalui Telekonferensi.

Bupati Rijanto menyampaikan, disaat masih berlangsungnya pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya menyatakan agenda jaring pengaman sosial atau penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada warga terdampak Covid-19 dalam kondisi aman.Meskipun demikian, dia terus meminta kepada jajaran terkaitnya untuk mereview dan merevalidasi data calon penerima bansos agar semakin tercipta kevalidan data penerima yang akurat.
"Ini kita mencermati arahan presiden masih berkisar pada penanganan Covid-19. Tentunya kita cermati dan ditindaklanjuti. Terutama pengaman jaring sosial dan pemulihan ekonomi di tahun 2021," kata dia kepada awak media di kantor Bupati Blitar, Kamis (30/04/2020).

Melihat geliat perekonomian UMKM yang kondisinya lesu saat pandemi, Bupati Rijanto mengaku juga tengah memanfaatkan dana realokasi dan refocusing dari APBD tahun anggaran 2020 untuk kebutuhan pemberdayaan UMKM. Sehingga, sirkulasi pergerakan ekonomi daerah tetap berjalan meski dampak Covid-19 masih mengancam.

"Jadi barang-barang bantuan sosial itu kita ambilkan dari UMKM kita. Karena kita punya slogan Ayo Bela dan Beli Produk Blitar, Telor dari peternak kita, beras juga dari Gapoktan, kemudian produk IKM UMKM produknya kita beli. Tinggal yang kedua nanti kita akan kembali menyalurkan bantuan sosial," tukasnya. (Edy/Kmf/Adv)

Post a Comment

Previous Post Next Post