Follow Us

header ads

H. Hanidin Dt Rangkayo Endah Pimpin KAN Nagari Gurun

Realitakini.com Tanah Datar
Kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Gurun periode 2020-2025 dikukuhkan pada Selasa (25/08), Drs. H. Hanidin Dt. Rangkayo Endah, MA yang telah terpilih sebagai ketua secara resmi akan memimpin KAN Nagari Gurun selama 5 tahun kedepan.

Pengukuhan kepengurusan KAN Nagari Gurun yang berlangsung di kantor KAN tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH, Camat Sungai Tarab Afrizal beserta unsur Forkompimca kecamatan Sungai Tarab, Ketua LKAAM Kabupaten Tanah Datar, Ketua KAN kecamatan Sungai Tarab, Wali Nagari se-Kecamatan Sungai Tarab, Ketua KAN, BPRN, angku-angku, niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama dan tokoh masyarakat nagari Gurun serta undangan lainnya. 

Ketua KAN Nagari Gurun Drs. H. Hanidin Dt. Rangkayo Endah, MA yang baru dikukuhkan, dalam pidato pertamanya dimuka umum menyampaikan bahwa menurutnya didunia ini satu-satunya adat yang berlandaskan kitabullah hanyalah adat minangkabau. Dia juga mengatakan bahwa KAN merupakan sebuah wadah bagi seluruh pemangku adat yang ada di Nagari untuk melakukan musyawarah demi mendapatkan kesempatan yang terbaik dan ide-ide mereka demi memajukan nagari.

"Kami yang baru dikukuhkan ini hanya didulukan salangkah dan ditinggikan saranting dari sekian banyaknya pemangku adat dinagari, namun pada intinya seluruh niniak mamak pemangku adat berada dalam satu wadah yaitu KAN Nagari Gurun," ujarnya.

Drs. H. Hanidin Dt. Rangkayo Endah, MA dikesempatan itu juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah sukses melaksanakan kegiatan pengukuhan ini.Pada kesempatan yang sama ketua 1 LKAAM Kabupaten Tanah Datar Arisno Dt. Andomo mengatakan bahwa KAN merupakan wadah bagi para niniak mamak pemangku adat dan sekaligus sebagai panutan bagi para anak kemenakan yang ada dalam nagari.

"Untuk itu dengan telah dikukuhkannya kepengurusan KAN Nagari Gurun periode 2020-2025 ini mari kita bangkitkan lagi adat salingka nagari, dan mari bersama-sama kita bawa nagari kita ini kearah yang lebih baik lagi dimasa mendatang," kata Arisno.Dilain pihak Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma yang juga hadir pada pengukuhan tersebut menyampaikan bahwa selaku pimpinan daerah menyambut baik kegiatan ini dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi, karena kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas dari Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Tanah Datar. 

"Ini merupakan janji Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan kabupaten Tanah Datar menjadi kabupaten yang madani, dan untuk mencapai janji tersebut maka salah satu program unggulan Kabupaten Tanah Datar adalah memajukan adat dan kebudayaan," kata Wabup. Ditambahkannya, KAN merupakan wadah bagi para niniak mamak pemangku adat untuk membangun nagari dan kalau ini telah terlaksana maka pemerintahan Nagari akan sangat terbantu sekali.

Wabup Zuldafri Darma juga menyampaikan, walaupun cuma beberapa niniak mamak yang terakomodir dalam kepengurusan KAN namun pada intinya para niniak mamak yang lain ada didalamnya. Untuk itu diharapkan para niniak mamak pemangku adat ikut andil didalam wadah kepengurusan KAN yang ada.

"Kalau semua niniak mamak pemangku adat sudah bersatu dan bisa tertampung didalam wadah KAN Nagari, apapun kebijakan yang diambil akan menjadi kuat dan tidak ada lagi yang merasa ditinggalkan dalam pengambilan sebuah keputusan," terang Zuldafri Darma. Wabup juga mengharapkan KAN Nagari Gurun bisa bekerjasama dengan pemerintahan nagari dan selanjutnya bersama-sama dalam membangun dan memajukan nagari Gurun dimasa depan. 

Pada kesempatan itu Wabup Zuldafri Darma juga tak lupa mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus KAN Nagari Gurun periode 2020-2025 yang baru dikukuhkan. "Selamat kepada seluruh pengurus KAN Nagari Gurun yang baru dikukuhkan dan semoga kedepan bisa menjalankan tugasnya dengan baik," ucapnya. (**)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom