Kodim 0718/Pati Mengadakan Komunikasi Sosial Dengan PPM, FKPPI Dan Hipakad

Realitakini.com-Pati
Kodim Pati dalam menjalin komunikasi sosial dengan Keluarga Besar TNI (KBT) hari ini mengadakan kegiatan dengan Komunikasi Sosial dengan tema " Aksi Nyata Bela Negara Keluarga Besar TNI ( KBT) Di Era Kekinian" berlangsung di aula Suluh Bakti Kodim 0718/Pati. Sabtu (29/8/2020).

Hadir dalam kegiatan ini Kasdim 0718/Pati Mayor Inf Much. Sholihin, S.Ag,. M.Si,. Ketua Cabang PPM Sunarto, SH,.  Ketua FKPPI PC 11.18 Endah Sri Wahtuningati, Ketua DPC Hipakad Dirgahayu,  anggota PPM, FKPPI dan Hipakad lebih kurang 50 orang.

Dalam kesempatan tersebut Kasdim mengatakan kegiatan ini sebagai sarana komunikasi dan ajang silaturahmi antara TNI dan Keluarga Besar TNI (KBT). Silaturahmi ini juga untuk menjaga agar KBT yang terdiri berbagai organisasi tetap solid dan kompak

" Walau berbagai organisasi tetapi tetap satu, walau berbagai ragam baju dan identitas tetap satu KBT karena dengan satu tekad meneruskan perjuangan orang tua, karena memang KBT berasal dari keluarga besar TNI," Ungkap Kasdim.

Dalam kegiatan tersebut Kasdim juga memberikan sosialisasi dari  Kementerian Pertahanan  tentang  Keberadaan Komcad ( Komponen Cadangan ) yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN). Komponen Cadangan adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.Secara eksplisit Komcad diatur dalam Pasal 28 UU PSDN. Komcad terdiri atas warga negara, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Buatan, dan Sarana dan Prasarana Nasional.

Warga negara yang menjadi komponen cadangan merupakan pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela. Calon Komcad harus mengikuti seleksi administrasi dan kompetensi. Setelah dinyatakan lulus dalam seleksi, calon Komcad wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan di bawah tanggung jawab menteri.

Dalam kesempatan tersebut Kasdim juga berharap agar KBT ikut dalam Komponen Cadangan tersebut, selain sebagai sarana Bela Negara juga agar TNI dan KBT selalu terjalin komunikasi diantara keduanya. (m@s)

Post a Comment

Previous Post Next Post