Lounching Inovasi Kecamatan Sungai Tarab, Klinik Konsultasi Pengelolaan Keuangam Nagari

Realitakini.com Tanah Datar 
Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH buka Launcing Inovasi Kecamatan Penerapan Pola pembinaan pengelolaan Keuangan Nagari  dengan Inovasi Klinik Konsultasi Keuangan Nagari di Kantor Camat Sungai Tarab, Kamis (27/08/2020).Acara Launcing Inovasi kecamatan Sungai Tarab dihadiri oleh Wabup Zuldafri Darma, Kadis Kominfo Drs Abrar, Camat Sungai Tarab Afrizal, SE  bersama Forkopimca, Camat se Tanah Datar, Walinagari Se Kecematan Sungai, Ketua BRRN Nagari Sungai Tarab, Ketua TP-PKK kecamatan Sungai Tarab, serta Tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu Camat Sungai Tarab Afrizal SE, mengatakan  berdasarkan UU No.6 Tahun 2014 tentang  Desa dan pelaksanaannya  membuka padigma baru dalam pemerintahan dan pembangunan ditingkat desa sehingga lebih terbuka ruang  untuk untuk mewujutkan Desa yang lebih mandiri.serta kesejahteraan masyarakat lebih mudah diwujutkan.

"kucuran dana  yang dialokasi kan untuk nagari di Tanah Datar yang bersumberkan dari Anggaran Pendapatan dan belanja Negara berkisar antara 750 juta sampai1,4 Milyar Rupiah sesuai dengan kondisi geografis dan luas wilayah serta pendapatan bersumber dari dana APBD dan bantuan  keuangan bersipat khusus memberi tantangan bagi nagari untuk melaksanakan  pengelolaan keuangan nagari secara transparan dan akuntabel," Kata Afrizal.

Menurutnya Inovasi kecamatan bertujuan adalah untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintahan nagari dalam pengelolaan keuangan nagari perlu diterapkan pembinaan pengelolaan yang secara tidak langsung akan mempengaruhi pengelolaan keuangan nagari.

"Berdasarkan hasil dari koordinasi dan konsolidasi dengan UPT, ASN, Walinagari dan Wali jorong Permasyalahan yang muncul di kecamatan Sungai Tarab adalah keterlambatan penyusunan RKP untuk penceranaan tahun berikutnya, keterlambatan pembahasan penetapan rancangan peraturan nagari tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari serta keterlambatan proses pencairan keuangan nagari," ujar Afrizal.

Kurangnya kemampuan perangkat nagari dalam menyelesaikan pertanggungjawaban laporan keuangan nagari yang menurutnya dikhawatirkan bisa mengakibatkan dampak hukum terhadap Walinagari sebagai pengguna keuangan untuk itu dibentuk lah klinik konsultasi Pengelolaan Keuangan Nagari kecamatan Sungai Tarab yang didukung oleh Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Datar dengan menempatkan Apps Siana sebagai Apps Layanan Konsultasi keuangan Nagari.Sementara itu Wakil Bupati Tanah Datar dalam sambutannya mengatakan ditengah pandemi covid-19 kita bisa melaksanakan paparan konsultasi dan penyelenggaraannya tetap mematuhi aturan protokol kesehatan.

"Terkait pengelolaan keuangan, pelaporan,dan petanggungjawaban keuangan yang kita kelolah, APBD kabupaten dan APB Nagari harus kita pertanggungjawabannnya, untuk meningkatkan pembangunan kita hanya memiliki APBD dan pelaksanaannya harus efektif secara transparan dan dipertanggungjawabkan," kata wabup

Untuk itu SDM pengelolaan keuangan harus ditingkatkan dengan melakukan pembinaan dengan saling melakukan koordinasi yang baik akan semakin meningkatkan hubungan baik didalam nagari.
"Atas nama pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar saya selaku wabup sangat apresiasi sekali dan sangat mendukung sekali Inovasi Kecamatan Penerapan Pengelolaan Keuangan Nagari di Kecamatan Sungai Tarab dengan Inovasinya  Klinik Konsultasi Keuangan Nagari Sungai Tarab, akan menjadi solusi bagi nagari-nagari di kecamatan Sungai Tarab, dan jugasebagai inovasi dan solusi bagi nagari lain di kabupaten Tanah Datar," ujar Wabup. (M)

Post a Comment

Previous Post Next Post