Non Fisik TMMD Reguler Banyumas, Diskanak Tebar 5000 Tawes di Kali Keruh Curug Nangga



Banyumas – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, juga melakukan penebaran ikan tawes di lokasi TMMD Reguler 108 Kodim 0701 Banyumas, di Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kamis (9/7/2020).

Disampaikan Bambang Purwadi, Kabid Pengembangan Perikanan Diskanak Kabupaten Banyumas, bahwa ikan yang ditebar kali ini adalah ikan tawes sebanyak 5.000 ekor, di Sungai Arus, di areal Obyek Wisata Curug Nangga.

“Upaya ini dilakukan untuk pengembangan dan pelestarian ekosistem ikan lokal yaitu tawes, untuk melengkapi ekosistem di areal Obyek Wisata Curug Nangga yang sebelumnya telah dilakukan penaburan jenis wader dan lunjar,” ungkapnya.

Dikatakannya lanjut, upaya itu juga untuk mengembalikan fungsi perairan umum sebagai ekosistem akuatik.

“Selain itu, jenis ikan tawes ini untuk mengecek kondisi air Kali Keruh di bawah aliran Curug Nangga, apakah terdapat kandungan zat kimia yang membahayakan atau tidak,” tandasnya.

Ditambahkannya, melalui kegiatan non fisik TMMD Reguler ini, diharapkan perairan di wilayah Kecamatan Pekuncen akan berbicara banyak kedepannya, sehingga mampu bersaing dengan wilayah perairan di Kecamatan Kebasen yang selama ini merupakan penyumbang terbesar hasil tangkapan umum ikan.

“Ini juga merupakan bentuk tanggung jawab Pemkab dalam pengelolaan perairan umum untuk menyediakan sumber pangan ikan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Turut hadir antara lain Forkopimcam Pekuncen, Kades Petahunan Rohmat Fadli, Babinsa Petahunan Serka Eko BW, dan juga Bripka Aji Babinkamtibmas Petahunan. (Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post