Ada Jalan Baru Hasil TMMD Reguler, Pertanian Desa Kalinusu Brebes Bergairah

 


Realitakini.com-Brebes,

 Roda perekonomian di desa Kalinusu semakin bergeliat pasca dibangunnya jalan usaha tani sepanjang 2,2 kilometer di desa tersebut.  Para petani pun bisa tersenyum melihat hasil pembangunan yang dilakukan oleh satgas TMMD reguler 109 di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah itu.

Seperti Toyibah (55), petani asal Desa Kalinusu RT/RW. 03, merasa senang mempunyai jalan baru yang membuatnya lebih dekat apabila hendak ke sawah dan memudahkan dalam membawa pupuk serta saat panen tiba.

“Senang sekali pak. Ya seperti sekarang ini kita kan baru mencabuti rumput dan sebentar lagi akan mengadakan pemupukan sehingga adanya jalan tersebut sangat membantu meringankan beban petani seperti saya,” katanya, Senin (26/10/2020).

Dikatakan lebih lanjut, selain mempermudah transportasi pengangkutan hasil bumi berupa padi dan jagung serta hasil pertanian lainya, sekaligus akan berdampak terhadap nilai jual hasil dari panennya tersebut.

“Alhamdulillah, hasil dari kegiatan TMMD ini sangat membantu warga, khususnya para petani seperti saya ini. Dulu kami kesulitan ketika musim panen tiba, karena ongkos angkut dari lokasi sawah ke jalan raya sangat mahal. Mungkin setelah ada jalan baru ini, akan mengurangi biaya ongkos angkut,” imbuhnya.

Toyibah menambahkan, salah satu persoalan yang dihadapi para petani di Desa Kalinusu saat ini, yaitu jeleknya infrastruktur jalan. Kondisi jalan yang tidak memadai membuat warga kesulitan saat akan memasarkan hasil panen. (Rus)

Post a Comment

Previous Post Next Post