Follow Us

header ads

Brimob Kalteng Bubarkan Masa ,Tingkatkan Kemampuan Bela Diri Baton Stick

Realitakini.com- Kalteng

Tak hanya memiliki kemampuan dan ahli dalam membubarkan masa yang anarkis, personel Satbrimob Polda Kalteng juga dibekali dengan beladiri menggunakan Baton Stick dalam melaksanakan tugas dilapangan.

Kali ini latihan dilaksanakan oleh personel Satbrimob yang terlibat dalam satgas operasi mantap praja telabang 2020. Latihan dilaksanakan usai apel pagi di kantor KPU Provinsi Kalteng yang dipimpin oleh Wadanki 1 Batalyon A Pelopor Ipda Arif Kristian. Sabtu (24/10/2020) pagi.

Dansatbrimob Polda Kalteng Kombes Pol Bambang Widjanarko Baiin, S.I.K., M.Si mengungkapkan bahwa pada awalnya, beladiri tongkat Polri sendiri diadopsi dari beladiri ekskrima yang merupakan beladiri yang berasal dari Negara Philipina. Beladiri ekskrima dipilih menjadi beladiri tongkat Polri karena sesuai dengan Perkap Kapolri tentang penggunaan kemampuan Polri tingkat V yaitu penggunaan kekuatan dengan menggunakan benda tumpul atau senjata tumpul.

"Baton stick atau tongkat sebagai alat yang digunakan anggota Polri dalam melaksanakan tugas yang berfungsi untuk pertahanan dan meyerang pelaku tindak kriminal. Bagi anggota Polri tongkat dapat menunjang kinerja kepolisian sebagai upaya profesionalisme polisi," ucap Bambang.

Bambang melanjutkan, Begitu pula dengan Korps Brimob yang merupakan bagian dari Polri, setiap anggota Brimob wajib dibekali dengan kemampuan beladiri baton stick atau tongkat sebagai penunjang tugas kepolisian dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Disamping itu, tentu untuk menjaga kesiapsiagaan individu anggota Brimob itu sendiri apabila terjadi penyerangan. 

"Penggunaan tongkat dalam satuan Brimob untuk menunjang tugas pada kemampuan PHH. Untuk itu, personel Brimob berlatih khusus kemampuan penggunaan tongkat dalam persiapan tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat terlebih saat pelaksanaan tahapan pemilu 2020 yang sedang berlangsung di provinsi Kalimantan Tengah," tutup Bambang.

Diakhir latihan beliau (Dansatbrimob) menegaskan kepada seluruh personel Brimob agar wajib membawa baton stick setiap pelaksanaan tugas dilapangan, Jadi baton stick harus selalu menempel dengan badan yaitu digunakan dikopel. (4n5)


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom