Plat Duiker Hasil Karya TMMD Reguler Brebes Berdiri Kokoh

 


Realitakini.com-Brebes,

Program TMMD Reguler 109 Kodim 0713/Brebes baru saja selesai dilaksanakan yang bertempat di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Berbagai pembangunan infrastruktur juga nampak berdiri megah dan kokoh di beberapa titik di wilayah desa tersebut.

Salah satu bangunan yang nampak berdiri kokoh dan baru adalah plat duiker, dimana bangunan ini fungsinya adalah mengaliri air hujan ke aliran sungai .pengertian lain dari plat duiker adalah gorong-gorong yang nantinya akan menghubungkan pembuangan air menuju ke aliran sungai melalui drainase.

Seperti diketahui bahwa sasaran fisik program TMMD Reguler yang dilaksanakan adalah selain jalan sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter juga dibangun sarana penunjangnya yang berupa talud di kanan-kiri jalan dengan total panjang mencapai 2,7 kilometer dengan ketinggian antara 0,5 – 1,5 meter, 3 unit plat duiker, dan 1 unit gorong-gorong.

Kepala Desa Kalinusu Wasid (44) mengatakan, dengan adanya program TMMD Reguler, masyarakat pedesaan sangat tertolong sekali dengan program tersebut. Satu program yang sangat menyentuh masyarakat bawah dan sangat membantu perkembangan pedesaan tersebut.

“Beberapa warga mengatakan, dengan adanya program TMMD reguler tersebut telah merubah warna masyarakat desa yang lesu menjadi berkembang bergairah dengan kehidupan yang baru. Termasuk saat ini ketika jalan penghubung dua padukuhan telah dapat dirampungkan dengan maksimal oleh Satgas TMMD. Jalan yang sebelumnya sulit dilewati, kini telah menjadi jalan bagus yang bisa dilewati berbagai jenis kendaraan,” terangnya

Adapun khusus pembangunan plat duiker dinyatakan letaknya memang sudah tepat pada posisi yang telah direncanakan sehingga manfaat dari bangunan plat duiker ini langsung dirasakan oleh masyarakat. (Rus)

Post a Comment

Previous Post Next Post