Follow Us

header ads

Rehab RTLH TMMD Reguler Brebes Sangat Mengena di Hati Rakyat Tak Mampu


Realitakini.com-Brebes,

 Meski jumlah rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dikerjakan di TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hanya 5 unit, paling tidak jajaran bisa mengurangi angka kemiskinan di desa tersebut.

Bagi warga masyarakat yang desanya menjadi sasaran TMMD yang dilaksanakan Kodim Brebes, baik sengkuyung maupun reguler, masyarakat sangat berharap ada program rehab RTLH karena itu sudah menjadi sebuah tradisi.

Adalah Septi Nur Aulia Utami (20), ibu rumah tangga asal Dukuh Kedung Kandri RT/RW. 01, Kalinusu. Dirinya menyatakan cukup memaklumi jika di gelaran TMMD Reguler 109 Brebes kali ini, Kodim Brebes hanya menargetkan 5 unit rumah yang direhab.

“Kalau ditanya kurang, ya pasti kurang karena tidak satupun rumah warga Kedung Kandri yang mendapatkan program rehab rumah senilai Rp. 10 juta dari Kodim Brebes,” ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Namun sekali lagi dirinya bisa memaklumi. Pasalnya, dengan dibangunnya jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, yang bisa tembus ke dusunnya itu, sudah menjadi anugerah tersendiri, yakni telah mengentaskan keterisoliran puluhan tahun dari seluruh warga Kedung Kandri.

“Yang jelas, kalau boleh menyarankan, di pelaksanaan TMMD Reguler selanjutnya, tradisi rehab rumah tidak layak huni dipertahankan dan jumlahnya ditambah,” pintanya.

Terpisah, Dandim Brebes yang merupakan mantan Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan menyatakan, kelima rumah yang kini telah layak huni dan sehat meliputi 4 orang warga kurang mampu asal Dukuh Karanganyar RT. 20 RW 01, yakni Damad (33), Sarto (43), Makmuri (30), dan Mbah Raad (66). Sedangkan satu lagi adalah rumah milik Karmin (38), warga Dusun Kutagaluh RT/RW. 02.

“Sebenarnya jumlah RTLH milik warga Kalinusu yang layak direhab cukup banyak, hanya saja karena teknis dan terbatasnya waktu TMMD yang hanya satu bulan, pastinya jumlah tersebut belum mampu memuaskan keinginan sejumlah warga,” bebernya.

Untuk itulah dirinya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan seluruh pihak karena telah membantu menyempurnakan rumah dengan pendanaan tersebut. (Dar/Aan)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom