Follow Us

header ads

Warga Kalinusu Brebes Kenang Lapangan Bekas Tempat Tinggal Satgas TMMD Reguler


Realitakini.com-Brebes,

 Setelah berakhirnya pelaksanaan TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, pada tanggal 21 Oktober 2020 lalu, warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah merasa kehilangan dan kesepian.

Pasalnya pada pelaksanaan TMMD kemarin ratusan anggota Satgas TMMD Reguler, meramaikan Desa Kalinusu dengan segala programnya, dan pada saat itu dipusatkan tinggal di tenda-tenda pleton di Lapangan Sepakbola Kalinusu. Namun kini, mereka sudah pulang kembali ke kesatuannya masing-masing.

TMMD yang dilaksanakan selama 30 hari itu, Kodim 0713 Brebes membangun sejumlah program fisik sasaran fisik meliputi jalan tembus sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar 4-6 meter dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, talud dengan panjang 2,7 kilometer, 3 unit plat deker, dan sebuah gorong-gorong dengan anggaran Rp. 1,09 miliar.

Sebagai sasaran tambahannya adalah merehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), milik warga kurang mampu di Kalinusu, dengan pendanaan senilai Rp. 10 juta dari Kodim Brebes, dan disempurnakan dengan bantuan pihak keluarga, pihak desa, dan juga swadaya masyarakat setempat yang menyumbangkan apa saja.

Namun setelah selesai tmmd, lapangan ini menjadi saksi bisu serta menjadi kenangan bagi tni dan warga desa. Untuk mengenang masa-masa itu sejumlah warga terlihat bersantai dan memandang ke arah lapangan sepakbola tersebut.

Hadi (48), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu, mengungkapkan bahwa dirinya merasa kangen dengan kehadiran para anggota Satgas yang dulu meramaikan desanya.

“Jujur saya dan warga lainnya merasa ingin mengulang kegiatan tersebut, selain menjadikan desa kami maju, para tentara juga banyak memberikan wawasan dan ilmu kepada kami,” katanya, Senin (26/10/2020).

Babinsa Kalinusu, Sertu Eko Nuhyoto membenarkan, bahwa warga desa menginginkan kembali adanya program tersebut, dimana masih ada infrastruktur yang belum tercapai.

“Memang warga sempat menanyakan apa TMMD bisa kembali digelar untuk tahun depan. Mungkin warga kangen dengan suasana ceria seperti kemarin,” terangnya.

Disisi lain, seiring berakhirnya kegiatan TMMD Reguler Brebes yang telah membawa dampak positif itu, tidak bisa dipungkiri juga bahwa keberadaan Satgas TMMD, telah banyak memberikan warna bagi penduduk desa, walaupun hanya satu bulan bertugas. (Rus)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom