Koramil 05 Nusawungu Ajak Warga Bersihkan Lingkungan dan Tidak Ada Tempat BAB Sembarangan

Realitakini.com - Cilacap.
Dukung pemerintah wujudkan lingkungan masyarakat yang bersih dan sadar tidak buang air besar sembarangan, Danramil 05/Nusawungu yang dalam hal ini diwakili Bati Tuud Pelda Turut, hadiri Rapat Persiapan Verifikasi Desa Bebas ODF (Open Defecation Free) atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) wilayah kerja UPTD Puskesmas Nusawungu I  bertempat di Aula PLKB Kecamatan Nusawungu, Kamis (12/11/20).

Dalam rapatnya dibahas tentang rencana verifikasi ODF yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 November 2020 mendatang yang akan dihadiri oleh Tim Verifikasi dari Kabupaten Cilacap di UPTD Puskesmas Nusawungu I. Selain itu juga membagi tugas ke lapangan untuk tinjauan langsung Desa ODF untuk desa yang akan ditinjau sesuai kebutuhan tim verifikasi. 

Hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh desa yaitu mensosialisasikan hal tersebut ke setiap Dusun, RW dan RT agar selanjutnya diteruskan kepada setiap warganya sehingga saat Tim Verifikasi berkunjung ke lapangan tidak ditemukannya lagi adanya WC diatas kolam ikan, tidak ada lagi sampah pampers ditempat sampah terbuka, tidak ada kotoran manusia di sembarang tempat. 

Bagi warga yang belum BAB di sarana yang memenuhi syarat, dianjurkan untuk sharing/nunut ditempat saudara atau tetangga terdekat. Mereka yang belum memiliki sarana atau jamban, harus siap merubah perilaku BAB di jamban yang memenuhi syarat karena secara bertahap pemerintah desa merencanakan pembangunan jamban bagi warga masyarakat yang ekonomi lemah dan penderita  TBC. Untuk komitmen, warga yang belum memiliki jamban akan dibuatkan surat pernyataan yang diketahui oleh Ketua RT dan Kepala Desa setempat. 

Selaku Aparat Kewilayahan, kita harus mendukung pemerintah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat dan sadar kesehatan. Untuk itu, langkah yang akan kita lakukan yaitu membantu membersihkan tempat yang kumuh yang kemungkinan menjadi sasaran dikunjungi oleh Tim Verifikasi Kabupaten seperti kerja bakti bersih-bersih sampah di pekarangan belakang rumah warga dan pembongkaran tempat-tempat BAB yang ada di atas sungai, kolam ikan dan lainnya," tutur Pelda Turut.

Sebelum hari "H" akan diadakan survei oleh Tim dari Kecamatan Nusawungu dan para Babinsa kita pastikan pada hari "H" wilayah binaannya bebas dari Buang Air Sembarangan," tandasnya.

Turut hadir pula dalam kegiatan  tersebut Camat Nusawungu yang diwakili Kasi Kesra Eko Junaedi, S.Sos., Kepala UPTD Puskesmas Nusawungu I Joko Semedi, S.KM dan seluruh Sekretaris desa se-wilayah kerja UPTD Puskesmas Nusawungu I. (Urip)

Post a Comment

Previous Post Next Post