Ratusan Rumah di Aceh Singkil Tergenang Banjir

Realitakini.com, Aceh Singkil.
Banjir yang menggenangi ratusan rumah di wilayah Kabupaten Aceh Singkil dengan ketinggian mencapai 1 meter dari luapan sungai Cinendang.

Akibat luapan sungai itu dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Simpang Kanan dan Kecamatan Gunung Meriah menjadi terendam.Di Kecamatan Simpang Kanan, banjir melanda lima desa yaitu Ujung Limus,  Silatong, Lae Riman, Tanjung Mas dan desa Cibubukan. Sedangkan di Kecamatan Gunung Meriah terjadi di Desa Cingkam. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Aceh Singkil, Muhammad Ichsan melalui Pusdalop PB, Rosiana Kusuma Wardani kepada wartawan mengatakan bahwa banjir mulai terjadi pada pukul 05.00 WIb. 

Informasi yang diperoleh Rosiana dari laporan Camat Kecamatan Simpang Kanan bahwa sejak tadi pagi sampai saat ini, ketinggian air sudah mencapai 1 meter. Sedangkan banjir di Desa Cingkam Kecamatan Gunung Meriah terjadi sejak pukul 12.00 Wib dengan ketinggian mencapai 70 Centimeter atau setinggi dada orang dewasa.

"Faktor utama penyebab banjir karena meluapnya air sungai Cinendang akibat tingginya curah hujan mulai sejak kemarin," ujar Rosiana, Rabu (4/11/2020).

Rosiana juga menjelaskan bahwa kondisi aliran Sungai Cinendang masih satu arah dengan Sungai Soraya Subulussalm, Sungai Sulampi Kecamatan Suro, hingga Sungai Rintis Aceh Singkil yang muara berujung ke laut. Sampai saat ini jumlah korban terdampak masih dalam proses pendataan.Namun menurut Rosiana tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Saat ini sebagian warga sudah mengungsi ketempat dataran lebih tinggi dan selebihnya masih ada yang tetap bertahan di rumah masing - masing.

Dari Pantauan wartawan, terlihat banjir merendam Ratusan rumah permukiman yang terletak bantaran Sungai. Banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum dan jalan Nasional Singkil - Subulussalam.(Ris)

Post a Comment

Previous Post Next Post