Babinsa Kerja Bakti Membuat Tanggul Penahan Banjir Untuk Tanggap Bencana

Realita kini.com-Cilacap 
Sebagai langkah tanggap bencana yang ada di wilayah binaannya, Serda Pandu Irianto selaku Babinsa Karangreja, Koramil 14/Cimanggu, berkordinasi dengan perangkat desa setempat untuk mengajak warganya melaksanakan kegiatan karya bakti guna membuat penahan banjir agar saat hujan turun, air tidak menggenangi wilayah binaannya.

Usulannya disambut baik oleh perangkat desa setempat dan hari ini, Minggu (3/1/2121), bersama sama dengan warga RT 04/08 Dusun Kedawung Desa Karangreja, melaksanakan kegiatan karya bakti dengan membuat tanggul guna menahan luapan air sungai Cikawung yang kerap kali banjir saat hujan deras mengguyur hampir sebagian wilayah Kecamatan Cimanggu.

Dikatakan Serda Pandu, wilayah binaannya tersebut hampir setiap tahunnya saat musim hujan turun selalu mengalami kebanjiran akibat luapan air sungai Cikawung. Tanggul yang selama ini ada, selalu rusak dan tergerus air sehingga air kerap kali masuk ke pemukiman warga sehingga mengakibatkan banjir.

"Untuk itulah, pada hari ini kita memperbaiki tanggul yang sudah rusak. Karung karung yang sudah kita siapkan, kita isi dengan tanah dan ditumpuk bersilangan agar tanggul kuat dan mampu menahan luapan air sungai. Dengan upaya ini diharapkan warga setempat tidak kebanjiran lagi saat hujan kembali turun," kata Babinsa Karangreja.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua RW 04/08 Dusun Kedawung Desa Karangreja. Saat hujan deras turun, wilayahnya seringkali terdampak banjir karena letak wilayahnya bersebelahan dengan lokasi sungai Cikawung. Tanggul yang ada selama ini, tidak kuat menahan air sehingga memerlukan perbaikan tanggul agar kuat.

"Atas masukan dari pak Babinsa, Alhamdulillah niat kita untuk memperbaiki tanggul akhirnya terlaksana. Saya mewakili warga mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa karena selalu peduli dengan keadaan desa kami. Tanpa dorongannya, mungkin pembuatan tanggul ini tidak akan kunjung dibuat karena kesibukan warga," ungkap Samun.(Urip)

Post a Comment

Previous Post Next Post