Follow Us

header ads

Pertemuan Kedua Koalisi MJ, Enam Partai Tetapkan Erik Rede


Realitakini.com, ENDE 

Partai koalisi pendukung paket Marsel-Djafar (MJ) menggelar pertemuan kedua bertempat di Hotel Syifa, Kota Ende (13/03/21). Dalam pertemuan yang berjalan alot tersebut, sebanyak 6 partai koalisi MJ menetapkan Erikos Emanuel Rede sebagai calon Wakil Bupati Ende.

Penetapan Erik Rede oleh 6 partai dilakukan tanpa persetujuan Golkar, sebagai salah satu anggota koalisi MJ. Dalam pertemuan itu, Golkar Ende memutuskan tidak melanjutkan rapat setelah terjadi perbedaan pandangan diawal pertemuan.

Pertemuan kali ini merupakan lanjutan pertemuan perdana beberapa waktu lalu, sebagai upaya koalisi MJ mengisi jabatan Wakil Bupati Ende yang kini lowong. Pertemuan kedua koalisi MJ berjalan alot sejak awal. Hal itu nampak sejak pertemuan dibuka dimana anggota koalisi diberikan kesempatan menyatakan pendapat.

Dalam pertemuan kedua merupakan lanjut an dari pertemuan sebelumnya. Dalam pandangan Golkar, agenda pertemuan pertama adalah penyerahan nama calon, karena itu, sebagai lanjutan,pertemuan kali ini membicarakan mekanisme pembahasan calon.

 Sekretaris Golkar Ende, Megi Sigasare, kehadiran partainya dalam pertemuan koalisi masih berpegang pada keputusan DPP Partai Golkar yang mengusung Heri Wadhi dan Dominikus Mere sebagai calon Wabup.

Namun, pendapat Golkar bertentangan dengan partai lain dalam koalisi. Sebanyak 6 partai berpegang pada hasil voting pertemu an perdana yang telah menetapkan Erikos Emanuel Rede dan Dominikus Mere sebagai calon Wabup.

Menurut Abdul Kadir Mosa Basa, Ketua PKB Ende, oleh karena dua orang calon telah di tetapkan maka pertemuan kali ini dilanjut kan dengan penyerahan kelengkapan berkas administrasi.

Perbedaan pendapat antara Golkar dan 6 partai menyebabkan perdebatan alot di ruang pertemuan. Kedua pihak tegak pada pendirian masing-masing dan berujung tanpa titik temu.

Untuk memecahkan kebuntuan, sebanyak 6 partai sepakat, pertemuan tetap dilanjutkan dengan agenda penyerahan kelengkapan berkas. Namun, keputusan itu membuat Golkar ambil sikap tidak melanjutkan rapat.

Keputusan Golkar, kata Megi Sigasare, di latar-belakangi perbedaan mengenai penetapan calon dan mekanisme pertemu an. Golkar Ende, lanjutnya, menginginkan koalisi membahas seluruh calon dan adanya mekanisme tatib.

Tanpa kehadiran Golkar maka otomatis hanya berkas Erikos Emanuel Rede, calon dari Nasdem, yang diproses dalam per temuan. Dia kemudian ditetapkan sebagai calon Wakil Bupati setelah berkasnya dinyatakan lengkap.

Erik Rede yang diwawancara usai pertemu an mengatakan, dirinya mengapresiasi rangkaian proses yang telah dilalui koalisi MJ. Kata Erik, dirinya berkomitmen men yukseskan program MJ Jilid II jika di percaya kan mendampingi Bupati Ende Djafar Achmad.Saya memiliki komitmen yang kuat untuk menjalankan visi misi Marsel-Djafar yang sudah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2019.Saya punya komitmen untuk membantu Bupati”.

Penetapan Erik Rede sebagai calon Wabup menyisahkan satu calon lagi untuk meng genapi dua calon yang disyaratkan undang-undang. Menurut Abdul Kadir Mosa Basa, hal tersebut bukanlah suatu persoalan dan 6 partai berkomitmen segera menggenapinya(NasanKua)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom