Peringati HUT ke 76 PGRI dan Hari Guru Nasional, Begini Pesan Bupati Sutan Riska

Realitakini.com- Dharmasraya
Para guru dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Dharmasraya mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 76 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2021, di Lapangan Sport Center Dharmasraya, Koto Padang, Kamis (25/11/21). Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

Dalam masa tahun ke dua pandemi Covid-19, kata bupati mengawali amanatnya, Pembelajaran Tatap Muka secara Terbatas (PTMT) telah kembali dilaksanakan di berbagai daerah, dengan tetap memperhati kan protokol kesehatan secara ketat.

"Dengan kembali dibukanya sekolah, diharapkan dapat menekan angka learning loss dan me minimalisasi terjadinya lost generation pada anak didik kita," ujar bupati.

Namun demikian, imbuhnya, sekolah jangan sampai menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19. Untuk itu, keselamatan dan kesehatan anak didik, pendidik dan tenaga kependidikan mesti menjadi prioritas utama.Saat ini, sebut bupati, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya memprioritaskan pemberian vaksin bagi para guru, pendidik, tenaga kependidikan, siswa, dan mahasiswa. Serta, juga telah dimulai pemberian vaksin bagi anak didik di bawah usia 12 tahun. Pemberian vaksin di lingkungan pendidikan ini merupakan wujud perhatian dan komitmen pemerintah tentang pentingnya sektor pendidikan.

Di masa ini, kata bupati lagi, peran teknologi dan inovasi dalam pendekatan pembelajaran sangat penting dipahami guru. Kerjasama yang efektif dengan orangtua menjadi perlu terus ditingkatkan.
"Satu hal yang menjadi pembelajaran penting pasca Covid-19 adalah peran guru tidak dapat digantikan oleh teknologi. Guru adalah suri tauladan, kawan belajar, dan pemberi semangat ulung agar bara api anak didik tetap menyala untuk terus belajar meraih mimpi. Guru juga dituntut menjadi pembelajar sejati, sehingga kehadiran guru tetap relevan sepanjang waktu termasuk ketika kita memasuki era masyarakat 5.0," tukas bupati.

Untuk itu, lanjut bupati, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berharap pengurus dan anggota PGRI di semua tingkatan dapat bahu membahu merespon perubahan dengan berbagai kegiatan saling belajar dan saling memberi, melalui berbagai perangkat kelembagaan. Serta melaksanakan berbagai kegiatan peningkatan kompetensi melalui pelatihan, lokakarya, seminar dan juga bimtek.

Di akhir amanatnya, bupati menyampaikan terimakasih kepada seluruh guru, pendidik, tenaga ke pendidikan dan utamanya guru honorer yang selama ini tiada kenal lelah mengisi kekosongan formasi guru dengan mengajar sepenuh hati di sekolah."Tanpa dedikasi mereka, dapat dibayangkan bagaimana berlangsungnya proses pembelajaran apabila gurunya tidak ada," tandas bupati.( Hms/ Rk)

Post a Comment

Previous Post Next Post