Bundo Kanduang Dharmasraya Gotong Royong Masak Rendang 1 Ton Untuk Lumajang

Realitakini.com-
Dharmasraya
Ratusan Bundo Kanduang (kaum ibu) Kabupaten Dharmasraya memasak rendang sebanyak satu ton untuk korban erupsi Gunung Semeru, Rabu (8/12). Rendang ini akan diantar dan dibagikan langsung Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan ke Kabupaten Lumajang.

“Ini sebagai bukti bahwa kita bersaudara. Para Bundo Kanduang ini dengan sukarela berkumpul di sini untuk berpartisipasi dalam meringankan beban korban terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Sutan Riska.Sutan Riska ikut hadir dan aktif dalam kegiatan memasak satu ton rendang dari 9 ekor sapi yang digelar di kawasan Sentra IKM Logam ini.

“Kenapa kita memilih rendang, karena daging sapi penuh protein. Kemudian masakan rendang juga penuh dengan antioksidan yang diproduksi dari bumbu rempah,” tambah Sutan Riska yang sekarang juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Selain penuh gizi, menurut Sutan Riska, rendang juga praktis, bisa dimakan langsung dan tahan lama.
“Kita berharap dengan makan rendang, para korban yang terdampak, terutama di camp pengungsian, bisa terjaga imun mereka. Karena masakan Minang, apalagi rendang, mengandung banyak rempah yang baik untuk kesehatan,” tambah Sutan Riska.

Menurut Sutan Riska kegiatan sosial ini adalah bentuk gotong royong sesama rakyat Indonesia dalam membantu meringankan beban keluarga sebangsa yang sedang terkena musibah.“Mungkin bantuan ini tidak seberapa, tapi semangat gotong royong dan kepedulian dengan sesama ini yang membuat saya terharu. Bayangkan kalau kita satu bangsa ini selalu hadir dan bergandeng tangan untuk saling mem bantu, Insyaallah tidak kita bisa melewati tiap ujian dan cobaan ini,” kata Sutan Riska.

Sutan Riska berharap rendang ini menjadi pesan kepada korban erupsi Gunung Semeru bahwa mereka tidak sendiri.“Rendang ini bukti bahwa kami dari pelosok Dharmasraya hadir untuk menguatkan sanak saudara di Lumajang yang terdampak.Sutan Riska akan mengantarkan langsung rendang ini ke Lumajang sekaligus menyerahkan bantuan dari APKASI bersama bupati pengurus APKASI lainnya.

Sementara itu, para Bundo Kanduang yang terlibat sangat antusias mengikuti kegiatan sosial ini. “Ketika saya mendapat kabar Bupati mengajak Bundo Kanduang memasak rendang untuk dikirim ke Lumajang, dengan sukarela saya datang ke sini membawa alat dan bahan masak semampu saya,” kata Refi, salah satu Bundo Kanduang yang ikut acara tersebut.

Menurut Refi, rendang ini akan dimasak sekaligus dan di-packing secara bagus agar aman selama perjalanan menuju Lumajang, sehingga dapat dinikmati para korban erupsi Gunung Semeru.“Saya dengan penuh semangat mengaduk rendang ini selama tiga jam. Saya aduk dengan sepenuh hati sambil membayangkan nasib saudara-saudara kita yang berada di sana. Semoga mereka bisa makan yang lahap dengan rendang ini,” tambah Refi.( hms/Rk)

Post a Comment

Previous Post Next Post