Bupati Tanah Datar Dan Kepala BPOM Padang Tanda Tangani MoU


Realitakini.com Tanah Datar                              -Dalam rangka perlindungan konsumen dari makanan dan obatan yang tidak memenuhi ketentuan dan persyaratan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Badan Pengawas Obatan Dan Makanan (Badan POM) tanda tangani Nota Kesepakatan (MoU).

Penanda tanganan dilakukan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM dengan Kepala BPOM Padang Firdaus Umar, S.Si Apt, Jum'at (10/12/2021) di Gedung Indojolito Batusangkar Sumatra Barat.

Dan ikut di hadiri oleh Kadis kesehatan Yesrita Zedrianis, Kadis Koperindag Dafrizal, Kadis PMPSTP Naker Zaratul Khairi, Kadis Pendidikan dan kebudayaan diwakili Sekretaris In Hendri Abbas, Kadis pertanian diwakili Kabid serta tamu undangan lainnya. 

Dalam kesempatan itu kepala BPOM Firdaus Umar menyampaikan dengan adanya nota kesepakatan antara Pemda Tanah Datar dan BPOM diharapkan komitmen pemerintah untuk bisa melindungi masyarakat dari obat dan makanan yang bisa merugikan kesehatan.

"BPOM diamanatkan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam penguatan dan peningkatan efektivitas  dalam rangka pengawasan obat dan makanan," ujarnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar dalam sebutannya menyampaikan bahwa kesepakatan kerjasama merupahkan implementasi dari instruksi presiden (Inpres) No.3 tahun 2015 tentang peningkatan efektivitas obat dan makanan.

"Kesepakatan antara Pemkab Tanah Datar dengan BPOM Padang merupahkan bentuk Komitmen dan Sinergitas pemerintah dalam perlindungan terhadap masyarakat dan dalam pengawasan melibatkan banyak pihak baik dari sektor pemerintahan maupun non sektor untuk itu perlunya terjalin kerjasama dalam penguatannya," tutur bupati.

Dalam kesempatan itu diserahkan sertifikat kepada Pemilik kategori Apotek, Tokoh Obat Dan Industri Rumah Tangga Pangan yang sudah memberikan dan melayani penyediaan obat dan makanan dengan baik. Juara 1 kategori Apotek Asyipa, juara 2  Densa Farma dan juara 3 Reno Sari.

Sementara itu untuk kategori toko obat juara 1 Toko Obat Dua Putra, juara 2 Toko Obat One, Juara 3 Toko Obat Radix. Untuk kategori Industri Rumah Tangga Pangan Juara 1 Kacang GDR, Juara 2 Kopi Rangkiang Kaum, Juara 3 Cahaya Niaga.(M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama