Pemkab Agam Gelar Rapat Koordinasi P3MD Tahun 2021

 

Realitakini.com, Agam - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Jumat (10/12).

Rakor P3MD tahun 2021 yang diikuti camat dan Pendamping Desa se-Kabupaten Agam itu digelar dalam rangka menyamakan presepsi arah kebijakan dan sinkronisasi kegiatan pendampingan masyarakat nagari.

Sekretaris DPMN Kabupaten Agam, Ir. Deswita mengatakan, dalam rakor yang digelar akan dilakukan analisa dan evaluasi reguler atas pelaksanaan kegiatan pendampingan nagari dalam pencapaian SDGs Desa.

“Rakor juga mensinergikan tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan pembangunan di nagari dengan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan daerah,” ujarnya.

Rakor kali ini imbuhnya, juga dalam rangka penajaman proses pendampingan nagari dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan pendampingan di nagari.

Disebutkan lebih lanjut, pelaksanaan P3MD di Kabupaten Agam merupakan kerjasama lintas kementerian, seperti Kemendagri, Kemendes PDTT, Kemenkeu, Bappenas dan Kemenko PMK.

“Kabupaten Agam menjadi salah satu dari 380 kabupaten di Indonesia yang tergabung dalam program tersebut hingga tahun 2024,” katanya.

Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, para peserta Rakor akan diberikan pemahaman terkait pentingnya pendampingan dalam penggunaan dana desa oleh Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat.

“Para peserta rakor diharapkan dapat berdiskusi dengan baik terkait pelaksanaan P3MD dalam mencapai SDGs Desa di Kabupaten Agam,” ucapnya.

Diketahui, Rakor P3MD tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, SH Dt. Parpatiah. Ikut sebagai peserta unsur Bappeda, unsur DPMN, unsur Bagian Tata Pemerintahan Setda Agam, Camat dan tenaga pendamping desa profesional P3MD Kabupaten Agam. (Aldi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama