Pemnag Lubuk Basung Gelar MTQ Nasional Ke-V Tingkat Nagari

 

Realitakini.com, Agam - Pemerintah Nagari (Pemnag) Lubuk Basung menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-V tingkat nagari, Senin (13/12). Selain mengamalkan kandungan Alquran, MTQ tersebut juga dalam rangka menjaring kafilah berbakat.

Panitia Pelaksana MTQ Nasional ke-V Lubuk Basung, Khairil Hidayat, S.HI mengatakan, MTQ yang digelar sehari penuh itu dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan isi Alquran.

“Selanjutnya, melalui MTQ kelima ini diharapkan terjaring para kafilah yang akan dipersiapkan ke MTQ tingkat kecamatan,” ujarnya.

Pelaksanaan MTQ Nasional ke-V Nagari Lubuk Basung diadakan di empat lokasi berbeda. Mimbar utama cabang tilawah remaja dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Nagari Lubuk Basung.

Cabang Hafiz cilik dilangsungkan di Masjid Batul Amal Sitingkah Tangah, Cabang Adzan tingkat SD di Masjid Al Ikhlas Panti Asuhan Putra Muhammdiyah, Cabang Tilawah Anak-anak di Masjid Syuhada Lapau Talang.

“Pada MTQ tahun ini hanya empat cabang yang diperlombakan, hafiz cilik, adzan, tilawah anak-anak dan tilawah remaja,” sebutnya.

Disebutkan lebih lanjut, peserta terdiri dari 133 orang yang berasal dari tujuh jorong se-Nagari Lubuk Basung. Para pemenang pada MTQ bertajuk Melalui MTQ, Kita Lahirkan Generasi Qurani itu bakal diberikan tabanas dan trofi.

“Hingga acara ini dibuka, peserta yang memastikan mendaftarkan di masing-masing cabang berjumlah sebanyak 117 orang,” katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Lubuk Basung, Ira Darma Putra mengatakan, MTQ tingkat nagari sempat vakum satu tahun lantaran merebaknya pandemi Covid-19. Tahun ini MTQ bisa kembali dilaksanakan karena penanganan kasus Covid-19 di daerah itu sudah terkendali.

“Saat ini, Alhamdulillah hampir tidak ada kasus Covid-19 di Nagari Lubuk Basung, capaian vaksinasi pun sudah mencapai 92 persen, artinya imunitas kelompok sudah mulai terbentuk,” ungkapnya.

Sungguhpun begitu imbuhnya, pelaksanaan MTQ Nasional ke-V tingkat Nagari Lubuk Basung tetap mempedomanai standar Prokes Covid-19. Para peserta diharapkan tidak lengah dengan kemungkinan penyebaran Virus Corona.

Ditambahkan, para peserta yang nantinya menjuarai MTQ otomatis akan mewakili Nagari Lubuk Basung ke ajang MTQ Nasional tingkat Kecamatan Lubuk Basung.

“Ini adalah komitmen pemerintah nagari, kedepan pembangunan bidang keagamaan di nagari akan terus menjadi perhatian,” ujarnya.

Diketahui, MTQ Nasional ke-V Nagari Lubuk Basung dibuka oleh Bupati Agam yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs. Edi Busti, M.Si. (Aldi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama