Pengurus Baznas Pasaman Dilantik , Potensi Zakat 5 Miliar Per Tahun

Realitakini.com -- Pasaman
Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman dikukuhkan dan dilantik Bupati Pasaman, H. Benny Utama, Senin (13/12) di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman. 

Terpilih sebagai Ketua H. Asnil, M, SE, MM, beserta empat wakil ketua, masing-masing Zulfahmi,Spd, Deni Fadly, Iskandar, S.Sos I, dan Irfan Malin Mudo, S.Sos.

Bupati H. Benny Utama dalam amanatnya minta pengurus baru untuk menggali potensi zakat lebih maksimal. 

"Sekarang baru berorientasi zakat pegawai yang dipotong perbulan. Ke depan coba ajak pihak swasta, perorangan dan pengusaha di Pasaman, untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas," kata bupati.

Menurut laporan, potensi zakat di baznas Pasaman sekitar Rp.5 Milyar pertahun. Untuk itu pengurus baznas Pasaman diharapkan bisa mengupayakan potensi zakar lainnya, dan menargetkan terkumpul zakat Rp.8 milyar untuk tahun depan.

Disebutkan juga, zakat masuk dalam rukun Islam ke empat, artinya kaum muslimin punya kewajiban me-nisab seluruh penghasilan untuk ditunaikan zakatnya sesuai ketentuan. 

Selain berupaya menggali sumber-sumber baru, bupati Benny Utama juga minta penatakelolaan pendistribusian zakat diatur sebagaimana harusnya. Lepaskan kepentingan, rasa kedekatan personal dan faktor lain yang bernuansa KKN. 

"Penyalurannya harus tepat kepada yang berhak dan saya ingin Baznas ikut memberi andil dalam program Pasaman cerdas mulai tahun 2022. Dan tolong dibuatkan standar penerima zakat bagi para mustahik, baik orang miskin maupun beasiswa pendidikan untuk anak-anak kurang mampu," terang bupati.

Terakhir diingatkan, pengurus Baznas adalah orang-orang terpercaya. Jaga amanah dengan penuh rasa tanggungjawab dan kejujuran. Karena zakat adalah soal umat dan agama, yang harus dipertanggungjawabkan dunia dan akhirat. 

Guna menghindari penggunaan dana zakat diluar peruntukan, Bupati Benny Utama akan mengupayakan penganggaran operasional Baznas melalui APBD Pasaman, dan tidak diambil dari dana zakat, serta menyediakan mobil operasional untuk Baznas Pasaman.

Pelantikan ketua dan wakil ketua Baznas Pasaman dihadiri ketua Baznas Provinsinya Sumatera Barat, DR. H. Buchari, MAg.,Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, Forkopimda dan kepala OPD Pasaman. 

Dipenghujung acara, Bupati Pasaman Benny Utama menyerahkan bantuan dana hibah Pemkab. Pasaman tahun 2021 untuk badan/lembaga/organisasi senilai Rp.270 juta. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post