Peringati Hari Bakti ke 76 BWS V Sumbar Tanam Pohon Di Sekitar DAS

Realitakini.com -- Pasaman
Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PU RI melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Padang melakukan kegiatan penghijauan dengan menanam pohon yang produktif  di sepanjang lokasi kegiatan pengendalian banjir batang sumpur Nagari Jambak Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Selasa (7/12/2021) kemaren

Dari pantauan dalam kegiatan tersebut turut hadir Camat Lubuksikaping, Nina Darmayanti, PJ Walinagari Jambak beserta perangkatnya, tokoh masyarakat, para pemuda dan masyarakat sekitar lokasi

Kepala Satker BWS Sumatera V Padang, Dian Karmila didampingi PKK Satriawan pada Realitakini.com, Selasa sore mengatakan, kegiatan penghijauan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya melestarikan lingkungan khususnya di Daerah Aliran Sungai (DAS). 

"Selain melestarikan lingkungan pada Area sekitar Infrastruktur ke-PU-an di DAS Nagari Jambak, kegiatan ini juga merupakan  rangkaian dalam memperingati Hari Bakti PUPR ke-76 tahun 2021 kemarin," ujar Dian Karmila. 

Kata Dian Karmila, kegiatan penanaman pohon produktif di area Greenbelt menunjukkan komitmen yang kuat dari BWS Sumatera V Padang terhadap pembangunan berkelanjutan yang ramah lingkungan atau Environmental-Friendly Processes berbasis keanekaragaman hayati. Dan fungsi-fungsi utama infrastruktur tetap menjadi prioritas namun dalam pelaksanaannya akan tetap memperhatikan kondisi lingkungan alam sekitar termasuk kelestariannya.

Pada kesempatan tersebut, Satriawan selaku PPK juga berpesan selain penerapan gaya hidup Go Green, perlu dilakukan juga penguatan aspek sosial masyarakat melalui kegiatan perekonomiannya, seperti kegiatan Padat Karya Tunai yang dilaksanakan Kementerian PUPR. 

“Pembangunan infrastruktur juga dapat membantu masyarakat meningkatkan kehidupan masyarakat sekitarnya sehingga tidak hanya menunjang aspek teknis saja tetapi juga sosial dan ekonomi," ungkap PPK BWS Sumatera  V Padang ini.

Dengan adanya kegiatan Penghijauan pada Greenbelt di lokasi Kegiatan pengendalian banjir batang sumpur Nagari Jambak ini, diharapkan untuk mengembangkan potensi ekonomi lokal disekitar pengendalian banjir tanpa mengganggu fungsi utama pembangunan tersebut sebagai tampungan.

Satriawan menambahkan, kegiatan penghijauan ini direncanakan sebanyak seratus pohon yang akan ditanam di sepanjang lokasi kegiatan pembangunan di daerah ini. 

Selain itu, kata Satriawan jenis pohon yang ditanam yaitu pohon yang bermanfaat bagi masyarakat, dan nanti juga disesuaikan dengan situasi serta kondisi yang ada.

Kata Satriawan lagi, untuk jenis bibit tanaman buah tersebut merupakan sumbangsih dari pihak rekanan PT. Bunda sekitar 100 bibit buah-buahan terdiri dari bibit buah Manggis, petai, Jambak dan lainnya. 

"Dengan dibangunya  infrastruktur dan penghijauan di lokasi kegiatan ini, kami berharap kepada masyarakat di daerah ini agar bersama sama memelihara dan memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin," pintanya. 

Sementara itu, Direktur PT Bunda, Itwantri mengatakan, kegiatan penghijauan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan kita bersama pihak BWSS terhadap lingkungan. 

"Dengan penghijauan ini kita juga  membangun lingkungan daerah ini kedepan untuk lebih baik," terangnya. 

Itwantri menyebutkan, dalam penghijauan ini , bibit yang kita sediakan untuk ditanam sekitar 100 batang. "Bibit yang ditanam ini merupakan bibit pohon yang produktif serta yang menghasilkan untuk masyarakat seperti, bibit buah manggis, petai, jambak, dan bibit buah-buahan lainnya," tutup Direktur PT Bunda yang akrab disapa Ucok itu. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama