Upayakan Anggaran Diskominfo Pasaman Bebaskan 36 Titik Blank Spot

Realitakini.com -- Pasaman 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika
(Kominfo) Pasaman, Sumatera Barat, William Hutabarat mengatakan masih terdapat 36 titik blank spot (tidak adanya jaringan telekomunikasi) di Kabupaten Pasaman, hal ini ia sampaikan saat dikonfirmasi awak media, Kamis (9/12/2021).

“Dari 36 titik blank spot tersebut, terdapat empat kecamatan di Kabupaten Pasaman ini sama sekali tidak ada jaringan internet. Empat Kecamatan itu yakni kecamatan Rao Utara, Kecamatan Duo Koto, Kecamatan Mapat Tunggul dan Kecamatan Mapat Tunggul Selatan,” ujar William.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa yang menjadi kendala bagi Diskominfo Kabupaten Pasaman dalam menuntaskan area blank spot ini adalah keterbatasan Anggaran, kondisi geografis dan enggan provider.

“Kita terus mengupayakan bagaimana semua masyarakat di Kabupaten Pasaman dapat menikmati layanan internet. Anggaran menjadi pokok permasalahan kita dalam memperluas jaringan di 36 titik tersebut, kedua kondisi geografis kita yang perbukitan dengan medan alam yang berat membuat kesulitan dalam membangun tower yang membuat enggannya provider,” tuturnya 

Kendati begitu, pihak Diskominfo Kabupaten Pasaman terus berupaya agar ke 36 titik tersebut memiliki akses internet.

“Kita terus mengupaya, Kami mungkin yang paling nyinyir minta ke pusat untuk mendapatkan layanan internet agar masyakarat dapat menikmati akses digital internet,” sebut William.

Sebelumnya, menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menjanjikan pada tahun 2024 daerah terlaur di Indonesia mendapatkan akses internet dengan membeli tiga unit satelit untuk menyokong jaringan internet, ketiga tiga unit satelit itu memiliki kapasitas 150 Gb, 300 Gb dan 500 Gb. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama