Pemdakab Sijunjung Sambangi Kemensos RI,Usulkan alm.Buya Syafi'i Ma'arif sebagai Calon Pahlawan Nasional,

Realitakini.com--Sijunjung
Setelah wafatnya Tokoh Nasional asal Sijunjung Sumatera Barat Prof. DR. Ahmad Syafi'i Ma'arif, banyak usulan yang di sampaikan oleh masyarakat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung agar beliau di usulkan untuk menjadi Pahlawan Nasional. 

Keinginan dan usulan masyarakat tersebut di sambut baik oleh Pemdakab Sijunjung. Hal ini terlihat dari keseriusan Pemdakab utk menindak lanjuti segera dengan berkonsultasi ke Direktorat Jenderal Potensi Sumberdaya Sosial,  Kementerian Sosial RI yang di pimpin langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt. Didampingi oleh Kepala Dinas Sosial PprPA Yofritas, Kabid Rehsos, Kabid Linjamsos dan beberapa orang staff Pemdakab Sijunjung.

Wabup Sijunjung beserta rombongan berkunjung ke gedung Kementerian Sosial RI di Jakarta, pada hari Selasa pagi (02/8/2022). Seperti yang disampaikan oleh Kasi Kominfo Kabupaten Sijunjung Hendri Young kepada awak media melalui WAG.

Prof. Dr. Ahmad Syafi'i Ma'arif adalah Salah satu tokoh nasional yang telah berpulang ke rahmatullah pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta. Tokoh yang dijuluki Guru Bangsa ini lahir di Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat, pada tanggal 31 Mei 1935 dan meninggal dalam usia 87 tahun. 

Lebih lanjut Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah mengatakan bahwa beliau layak di usulkan sebagai Pahlawan Nasional, karena semasa hìdupnya banyak menghasilkan prestasi dan karya yang luar biasa, baik pembangunan maupun kemajuan bangsa dan negara Republik Indonesia antara lain :
1. Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).
2. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah.
3. Pendiri Ma'arif Institute.
4. President World Conference on Religion for Peace (WCRP).

Untuk langkah selanjutnya Pemdakab Sijunjung akan membentuk Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) yang bersifat independen yang terdiri dari berbagai unsur seperti Akademisi, Praktisi, Sejarawan dan Unsur terkait lainnya untuk mengumpulkan data, meneliti, mengkaji dan menyusun usulan calon Pahlawan Nasional tersebut.

Wakil Bupati Sijunjung mengharapkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, lembaga dan organisasi yang ada. Untuk dapat memberikan supporting terutama pada tahap awal ini, dengan mengumpulkan seluruh data-data tentang Prof. DR. Ahmad Syafi'i Ma'arif. (Hasnawati)

Post a Comment

Previous Post Next Post