Bupati Eka Putra Buka Langsung Alek Anak Nagari Sawah Tangah "Pesona Kacang Barandang Dan Nasi Padeh"


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Bupati Eka Putra, SE, MM membuka secara langsung  Pesona kacang Barandang dan Nasi Padeh sebagai alek anak nagari Sawah Tangah Kecamatan Pariangan, sekaligus merupakan even ke empat yang di laksanakan dalam program unggulan  (progul) Pemerintah Daerah Tanah Datar, Selasa (25/05/2023) di lapangan bola nagari setempat. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil. Ketua DPRD Tanah Datar Saidani, Kepala OPD, Forkopimca, wali nagari Sawah Tangah Dedi, kepala jorong, Ninik mamak, tokoh masyarakat, perantau, bundo kanduang, tokoh pemuda dan masyarakat. 

Kemeriahan alek nagari tersebut diwarnai dengan beragam tampilan tarian, arakan pawai, serta kuliner khas nagari Sawah Tangah  lezatnya nasi padeh dan gurihnya kacang barandang yang menjadi ikon dari nagari Sawah Tangah. 

Dalam kesempatan tersebut Wali Nagari Sawah Tangah Dedi menyampaikan ucapan Terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya  Alek Anak Nagari pesona marandang kacang dan nasi padeh merupakan progul  Bupati Tanah Datar. 

"Sebagai daerah yang berpenghasilan dari marandang kacang mrerupahkan usaha turun temurun dalam meningkatkan perekonomian di nagari Sawah Tangah yang nantinya akan di pasarkan di daerah sekitar," Ujarnya

Dalam kesempatan tersebut Wali nagari juga menyampaikan kesulitan yaitu dalam mendapatkan bahan kacang mentah, karena masyarakat yang menanam kacang sering mengalami gagal panen karena ada penyakit tanaman. 

Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada  masyarakat nagari Sawah Tangah yang sudah sukses membuat kegiatan besar pesona marandang kacang yang rasa kacangnya gurih sudah terkenal di Sumatra Barat  bahkan sampai ke daerah lain. 

"Saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresia kepada semua pihak dan masyarakat nagari Sawah Tangah yang sudah sukses menggelar kegiatan pesona kacang barandang yang yang sudah terkenal, semoga dengan adanya kegiatan pesona kacang barandang dan kuliner nasi padeh ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam meningkatkan perekonomian di bidang UMKM, " Kata bupati. 

Dalam kesempatan itu juga bupati meminta instansi terkait Dinas Pertanian untuk membantu dan memberikan solusi kepada masyarakat setempat dalam mengatasi permasalahan tanaman sehingga tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan bahan baku kacang mentah . (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post