Bupati Eka Putra Letakan Batu Pertama Pembangunan Kantor KAN Pagaruyung

Realitakini.com Tanah Datar                                    
Bupati Eka Putra,  SE, MM hadiri dan letakan batu pertama pembangunan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) nagari Pagaruyung  kecamatan Tanjung Emas, Kamis (27/04/2023) di Kantor wali nagari setempat. 

Turut hadir pada peletakan batu pertama pembangunan Kantor KAN tersebut Wakil Mentri Tenaga Kerja (Wamenaker) RI Ir. Afriansyah Noor, Ketua DPRD Rony Mulyadi SE, Dt Bungsu, Anggota DPRD Eri Hendri, Forkopimda, staf ahli, Kepala OPD, Forkopimca, Camat Tanjung Emas Zulkifli Idrus, Wali nagari, wali jorong, Ketua KAN, Ninik Mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang, tokoh pemudah dan undangan lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan dukungan atas pembangunan Kantor KAN Pagaruyung, karena peran  ninik mamak kata bupati sangat penting dalam pembangunan sendi sendi kehidupan di Minangkabau. 

"Sebagai pemerintah daerah Tanah Datar kami sangat mendukung pembangunan Kantor KAN Pagaruyung sekaligus program dari KAN karena ninik mamak sangat penting dalam kehidupan  dan ninik mamak ditinggikan  seranting dan didahulukan selangkah menunjukan ninik mamak adalah pemimpin yang mengayomi dan melindungi anak kemenakan," Kata bupati 

Untuk itu bupati dalam kesempatan tersebut memyampaikan akan membantu pembangunan gedung kantor KAN tersebut secara bersama sampai selesai  selagi dirinya masih masih menjabat, dengan memberikan bantuan awal cukup untuk mendirikan kantor tersebut. 

Sementara itu Wakil Menteri Tenaga Kerja RI Afriansyah Noor dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan Terima kasih kepada pemerintah daerah,  ninik mamak, dan semua pihak yang hadir pada acara tersebut. 

"Ibu saya asli Pagaruyung dan bapak saya orang Agam saya dibesarkan di jambi namun saya putra Pagaruyung, saat ini saya menjabat sebagai wakil menteri tenaga kerja RI dan saya dipercaya mengemban amanat dari anak kemenakan dan kaum sebagai penghulu dengan gelar Datuak Rajo Basa, saya berharap  dan minta doa restu agar bisa menjalankan amanat sebagai ninik mamak di kampung  halaman dan amanat sebagai wakil menteri untuk masyarakat Indonesia, ," Sampainya. 

Dalam kesempatah tersebut wamenaker Afriansyah Noor Dt Rajo Basa juga mengatakan resepsi malewahkan gelar akan dilaksanakan tanggal 29 April 2023; di Istano Basa Pagaruyung,  dan memberikan bantuan sejumlah 500 Zak Semen untuk pembangunan gedung Kantor KAN Pagaruyung. 

Acara dilanjutkan dengan peletakan batu oleh bupati Eka Putra, dilanjutkan oleh Wamenaker Afriansyah Noor, Ketua DPRD Rony Mulyadi Dt Bungsu, Dandim 0307/TD Letkol Czi Sutrisno, Kajari Otong Hendra Rahayu, Kapolres AKBP Derry Indra, Ketua PN Batusangkar Hanifzar, Ketua Pengadilan Agama,tokoh Masyarakat Eri Hendri, Ketua KAN Pagaruyung dan Wali nagari Irmaidinal Dt Magek. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post