Diserahkan Bupati Eka Putra, 1555 Mustahik Terima Zakat Konsumtif Dari Baznas Tanah Datar


Realitakini.com Tanah Datar                                     -Bupati Eka Putra, SE, MM didampingi ketua Baznas Yasmansyah, S. Ag, M. Pd secara simbolis menyerahkan Zakat komsumtif kepada 1.555 Mustahiq se Tanah Datar, kamis (13/04/2023) di Musolha Nurul Ikhlas Kubu Rajo Kecamatan Lima Kaum. 

Turut hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kominfo Yusrizal, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Para amil zakat serta jajaran Baznas dan tamu undangan lainnya

Dalam sambutannya, Ketua BAZNAS Tanah Datar Yasmansyah saat itu menyampaikan Baznas kabupaten Tanah Datar pada Idul Fitri tahun ini menyalurkan zakat konsumtif lebaran kepada mustahiq sebanyak 1.555 orang dengan dana sebesar Rp777.500.000 dan masing-masing mustahiq menerima Rp500.000. 

"Menjelang Lebaran 1444 H/ 2023 M Baznas Tanah Datar menyalurkan zakat konsumtif kepada 1.555 orang Mustahiq se kabupaten Tanah Datar, dan masing-masing akan menerima zakat konsumtif sebesar 500 ribu rupiah," sampainya.

Yasmansyah menambahkan pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi luar negeri diantaranya di Timur Tengah sebanyak 4 orang yang masing-masing menerima 10 juta rupiah.

Lebih lanjut, Yasmansyah melaporkan bahwa sampai pada bulan Maret kemarin Baznas Tanah Datar telah berhasil mengumpulkan zakat lebih 1,5 Milyar rupiah dan telah didistribusikan melalui program Tanah Datar Cerdas, Tanah Datar Peduli, Tanah Datar Sehat, Tanah Datar Makmur, dan Tanah Datar Taqwa. 

Tidak itu saja, kata Yasmansyah, keberhasilan lain yang diperoleh Baznas Tanah Datar akibat dari manajemen pengelolaan yang baik, juga sudah berhasil menyalurkan beasiswa lebih dari 1.500 orang siswa sekolah dasar dan 600 orang bantuan usaha. Dana yang didistribusikan tersebut dihimpun dari mayoritas adalah zakat PNS, perorangan, pengusaha, pedagang, petani dan juga para muzaqi lainnya.

Sementara  Bupati Eka Putra dalam sambutannya  mengajak kepada seluruh masyarakat Tanah Datar terutama yang hadir saat itu untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat yang telah diberikan. Selain itu, Bupati juga mengingatkan masyarakat agar selalu meningkatkan keimanan dan jangan mudah berputus asa serta berdoa agar Luhak nan Tuo ini dijauhkan dari berbagai bencana oleh Allah. 

Khusus kepada pada mustahiq, Bupati juga agar mensyukuri apa yang diterima hari ini. "Jangan lihat dari jumlah dan nilainya, namun syukurilah bahwa daerah masih bisa memperhatikan masyarakat miskin tidak hanya dari segi sosial kemasyarakatan, namun juga dibidang pendidikan dan kesehatan masyarakat," ujarnya. 

Ditegaskannya, bahwa Pemerintah Daerah akan selalu berkomitmen dalam membantu masyarakat Tanah Datar untuk melanjutkan pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi. 

Di akhir arahannya Bupati Eka Putra juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh ASN, Non ASN dan masyarakat yang sudah menyalurkan zakatnya melalui Baznas Tanah Datar serta juga kepada pengurus Baznas yang telah menyalurkan zakat kepada Mustahiq. (**) 

Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post