Diserahkan Bupati Eka Putra, 240 Guru LPA Dan 43 Petugas Masjid Se Kecamatan Rambatan Terima Dana Insentif


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM serahkan secara simbolis dana insentif kepada 240 orang Guru Lembaga Pendidikan Al Quran (LPA) dan 43 orang petugas masjid se Kecamatan Rambatan, Sabtu (15/4/2023) di Masjid Baitussalam Kinawai Nagari Balimbing.
 
Total bantuan dana insentif yang diserahkan hari ini untuk guru TPA dan petugas masjid se Kecamatan Rambatan sebesar Rp.514.400.000, dengan rincian masing-masing untuk TPA sertifikasi sebesar Rp. 2.400.000 dan untuk guru TPA dan petugas masjid non sertifikasi sebesar Rp. 1.600.000.

Dalam sambutannya mengajak kepada seluruh yang hadir untuk tidak henti-hentinya untuk bersyukur kepada Allah karena sekarang Pemerintah Daerah sudah memberikan perhatiannya kepada para Guru TPA dan juga petugas masjid. 

Terkait hal tersebut, Bupati meminta kepada para petugas masjid se Tanah Datar untuk selalu menjaga kebersihan masjid, sehingga jamaah akan merasakan kenyamanan selama menjalankan ibadah di dalamnya. 

Selanjutnya, Bupati menyampaikan total bantuan insentif yang telah dianggarkan sebesar Rp. 4.247.400.000  untuk 1.980 orang Guru LPA dan 332 orang petugas masjid se Kabupaten Tanah Datar. Untuk itu diminta kepada Dinas terkait untuk berhati-hati dan teliti dalam menyalurkannya. 

"Saya ingatkan kepada Dinas terkait Saya tidak ingin mendengar ada Guru LPA atau petugas masjid yang seharusnya mendapatkan insentif tetapi malah tidak dapat, begitu juga sebaliknya yang seharusnya tidak dapat malah mendapatkannya. Untuk itu tolong ini betul-betul dilihat dan diperhatikan, jangan sampai ada yang terlewat," pesannya. 

Lebih jauh dikatakannya, bahwa dana insentif ini diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada para guru LPA dan juga petugas masjid yang merupakan garda terdepan dalam menciptakan generasi cinta Al Quran yang merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar didalam mewujudkan kabupaten Tanah Datar yang madani berlandaskan adat basandi syarak dan syarak basandi kitabullah. 

"Mari kita wujudkan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfizh dengan ikut mendukung program Satu Rumah Satu Hafizh/ah, semoga apa yang menjadi tujuan kita bersama mendapatkan ridha dari Allah SWT," ajaknya. 

Diakhir sambutannya, Bupati Eka Putra berharap bantuan yang diberikan ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan terutama pada hari raya Idul Fitri tahun ini. 

Sementara selalu penanggung jawab anggaran kegiatan ini Kepala Dinas Sosial dan PPPA kabupaten Tanah Datar H. Afrizon dalam laporannya menyampaikan bahwa bantuan dana insentif yang diberikan kepada para guru LPA dan petugas masjid tahun ini merupakan yang terakhir dengan sistem sertifikasi. Sementara untuk tahun 2024 nanti sudah menggunakan sistem akreditasi. 

"Ini adalah bantuan terakhir menggunakan sistem sertifikasi karena tahun depan kita sudah harus menggunakan sistem akreditasi. Untuk ini kami mendorong agar para guru LPA untuk berbenah dan mulai memperbaiki sistem pada masing-masing LPA, sehingga bisa mendapatkan akreditasi A saat dilakukan penilaian nantinya," pungkas Afrizon. (**) 

Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post