Guna Mempercepat Pengembangan Diri Peserta Didik, Pemerintah Kabupaten Pessel Luncurkan Program Nagari Bersekolah

Realitakini.com-Pesisir Selatan  
Pemerintah kabupaten tahun ini meluncurkan program Nagari bersekolah guna mempercepat pe ngembangan diri peserta didik sesuai bakat dan minatnya masing-masing.Hal ini dikatakan Bupati  Rusman Yul Anuar Ia mengharapkan kepada masyarakat untuk dapat mendukung semua program yang diluncurkan pemerintah kabupaten seperti pendidikan, kesehatan dan sektor infrastruktur di daerah itu.
Menurutnya program pendidikan, kesehatan dan sektor pembangunan infrastruktur merupakan kebutuh an yang mendasar saat ini. Jadi, mustahil program yang dilaksana kan pemerintah itu akan berjalan dengan maksimal tanpa ada dukungan dari semua elemen untuk melaju kedepannya.

"Untuk itu saya sangat mengharapkan dukungan dari masyarakat. Tanpa dukungan semua program yang dilaksanakan ini tidak akan menjadi lebih baik kedepannya. Sebab pendidikan, kesehatan dan ekonomi merupa kan kebutuhan mendasar saat ini,"ungkap Rusma Yul Anwar saat melaksanakan Safari Ramadhan Khusus di Masjid Nurul Yaqin Kampung Lubuk Anau Kenagarian Sawah Laweh Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (7/4).

Dalam Safari Ramadhan itu Bupati di dampingi istrinya Yunesti dan dihadiri Kabag Kesra Refri, Camat Bayang Masri dan sejumlah Wali nagari se Kecamatan Bayang.Lenihlanjuta ia Mengatakan,”Program nagari sekolah ini juga selaras dengan kurikulum merdeka belajar, karena lebih pada mengeksplorasi kemampuan siswa sesuai minat dan bakatnya. Nagari bersekolah adalah ajang kreativitas siswa di masing-masing nagari di luar jam sekolah.

Ia mengatakan disekolah tersebut tidak melengkapi rasanya dengan jumlah jam yang terbatas. Terutama pelajaran pendidikan agama guna membentuk karakter bagi peserta didik.Maka oleh sebab itu pada masyarakat dan Bundo Kandung agar dapat mendorong anak - anaknya untuk datang memakmurkan Masjid.

"Karena tidak guru saja yang bertanggungjawab namun juga termasuk peran orang tua maupun pihak lainya sehingga bisa melahirkan siswa yang beriman dan memiliki akhlak yang mulia. Sebab tidak ada karakter yang baik tanpa ada keteladanan,"ujarnya.

Sementara itu, Wali nagari Sawah Laweh Nasri mengungkapkan pihaknya sangat mendukung program yang diluncurkan oleh pemerintah setempat. Sebab program Pranosa (pesantren) itu memiliki dampak positif bagi anak - anak di nagari tersebut.Bahkan, sambungnya, para orang tua pun ikut membangun kan anak - anaknya sekaligus mengantarkan ya ke Masjid.

"Program ini (Pranosa) memiliki dampak yang positif dan anak - anak tidak ada yang berkeliaran lagi. Kami berharap program ini terus berlanjut kedepannya," harapnya.

Dalam agenda Safari Ramadhan itu pemerintah kabupaten menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid sebesar Rp20 juta rupiah. Kemudian juga memberikan kartu BPJS gratis secara simbolis bagi masyarakat yang tidak mampu (*kmf/RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post