Komisi IV DPRD Sumbar : Minta Pemprov Tingkatkan Lobi Menarik Iven Nasional Ke Sumbar Dan Siapkan Stadion Utama Sikabu

Realitakini.com- Sumbar 
Untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Stadion Utama (Main Stadium) di Sikabu, Lubuk Alung, Anggota Komisi IV DPRD Sumbar,Sitti Izzati Aziz mendorong pemerintah provinsi (Pemprov) meningkat kan lobi ke pusat agar ada iven-iven nasional yang bisa dibawa, atau dilaksanakan di Sumbar. Sitti baru-baru ini mengatakan, tujuan dibangunnya Stadion Utama di Sikabu, Lubuk Alung adalah untuk  men dukung pelaksanaan iven-iven nasional di Sumbar. 

Ketika ada iven nasional yang digelar di Sumbar, kata dia, hal itu tentu diiringi dengan adanya bantuan dana pusat untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang dipakai untuk pelaksanaan kegiatan. Ia menuturkan, sebelumnya salah satu tujuan awal dari pembangunan Stadion Utama ini adalah untuk mewujudkan keinginan Sumbar menjadi tuan rumah PON 2024 yang sudah digagas sejak tahun 2014.

"Sebelumnya kita mengharapkan PON 2024 dilaksanakan di Sumbar,namun saat seleksi tempat penyeleng garaan, Sumbar ternyata tidak masuk sebagai yang ikut seleksi sebagai tuan rumah. Hal ini karena tidak menyertakan uang jaminan pada saat mendaftar sebagai tuan rumah. Bagaimana dana pusat akan dikucur kan kalau Sumbar saja tak ikut seleksi," ujarnya. Meski upaya untuk menjadi tuan rumah PON gagal diraih, Sitti berharap lobi-lobi untuk menarik iven lainnya ke Sumbar tetap dilakukan Pemprov. Sebab semangat awal dalam pembangunan Stadion Utama Lubuk adalah, dananya bukan dari APBD, tapi menggaet anggaran pusat, yakni dengan mendorong pelaksanaan iven nasional di daerah ini.

"Setiap rapat dengan dinas BMCKTR Komisi IV selalu menyampaikan, kita bersama-sama harus berfikir keras apa iven nasional yang bisa didorong ke Sumbar, supaya dana pusat bisa turun untuk kelanjutan pembangunan Main Stadium," tukasnya. Ia menambahkan, masih terkait pembangunan Stadion Utama ini, berdasarkan hasil pemeriksaan Tahun 2020, BPK RI juga merekomendasikan, sebelum penganggaran diteruskan, Pemprov terlebih dahulu supaya duduk bersama dengan DPRD. Untuk hal ini agar bisa keluar rekomendasi DPRD akan dikemanakan Stadion Utama ini. 

"Sayangnya, sampai saat ini belum ada pembicaraan serius dari Pemprov kepada DPRD akan hal tersebut. DPRD bukan tidak setuju kelanjutan pembangunan Main Stadium ini dianggarkan, namun bicara Main Stadium, bukan lagi bicara tentang anggaran yang tidak ada, tapi akan diapakan? dan mau dikemanakan insfratruktur ini," tukasnya. ( Hms/ RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post