KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai Akan Membuka Pendaftaran Bacaleg Anggota DPRD Mentawai

Realitakini.com- Mentawai 
Berdasar surat nomor: 12/PL.01.4-Pu/1309/2023 tentang pengajuan bakal calon anggota dewan perwakil an rakyat daerah ( DPRD ) kabupaten Mentawai untuk Pemilu serentak tahun 2024. KPU Kepulauan Mentawai membuka pengumuman , Hal ini diungkapkan Ketua KPU Kepulauan Mentawai Eki Butman .Kita akan menerima pengajuan bakal calon DPRD melalui partai politik peserta pemilu pada kepengurus an tingkat kabupaten,”kata Eki Butman

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Mentawai akan membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) atau anggota DPRD Mentawai pada bulan Mei 2023 mendatang. Hal tersebut KPU Mentawai sudah melakukan pengumuman sejak Senin tanggal 24 April 2023.

Bacaleg akan menggunakan formulir tersebut disertai  foto diri terbaru dan dilampiri dengan dokumen persetujuan pengajuan bacaleg ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Politik Peserta Pemilu, atau nama lain dan Sekretaris Jenderal Partai Politik Peserta Pemilu atau nama lain yang sah sesuai denganKeputusan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia tentang pengesahan susunan pengurus partai politik tingkat pusat dalam bentuk fisik disampaikan langsung dan digital yang diunggah di Silon.

Pada pengajuan itu bacaleg harus melengkapi beberapa persyaratan seperti dokumen pengajuan. Yakni surat pengajuan menggunakan formulir model B-Pengajuan- Parpol dalam bentuk fisik. “Nanti dokumen ini disampaikan langsung dan digitalnya yang diunggah di Silon,”ungkapnya

Lanjut dia, membuka pengumuman untuk pendaftaran bakal calon DPRD Mentawai telah dibuka dari tanggal 24 s/d 30 April 2023. Sedangkan pelaksanaan pengajuan atau pendaftaran dimulai dari tanggal 1 hingga 14 Mei 2023,' ucapnya pada Rabu 26 April 2023.Untuk pendaftaran tanggal 1-13 Mei dibuka dari pukul 08.00 -16.00. Kemudian pada tanggal 14 Mei 2023 dibuka dari pukul 08.00- 23.59.

“ Lokasi pendaftaran, langsung bertempat di Kantor KPU Mentawai Km7 , dalam  pendaftaran kami hanya menerima berkas saja. Semua proses berbasis aplikasi Silon. Masing- masing partai meng-upload berkas itu ke dalam Silon," tuturnya ( AJ- RK) )

Post a Comment

Previous Post Next Post