Manfaat Tanaman Kincung Yang Tidak Banyak Diketahui Orang


Realitakini.com Tanah Datar                              -Tanaman kincung atau kecombrang adalah sejenis tanaman rempah yang banyak ditemui tumbuh liar di kebun dan di hutan, sekilas batang pohon ini mirip dengan tanaman lengkuas.

Di Sumatra Barat sebutan lain dari kecombrang adalah kincuang, atau sambung memiliki bau yang wangi dan biasanya bunga kincung diolah menjadi bermacam menu masakan seperti campuran gulai ikan, urap atau menu lainnya.

Walaupun sudah dijadikan olahan masakan, tidak banyak yang tahu manfaat dari tanaman kincung tersebut. Dihimpun dari berbagai sumber tanaman kincung mengandung fosfor, kalsium, vitamin yang sangat baik untuk tulang. mencegah gula darah agar stabil, mencegah peradangan dan lainnya.

Dikutip dari laman kontan.co.id manfaat kincung atau kecombrang yaitu untuk mengobati asam lambung, bagi penderita penyakit tersebut anjurkan untuk mencobanya karena kandungan di bunga kincung bisa membantu meredahkan asam lambung yang tinggi.

Bau badan, mempunyai aroma yang wangi  kincung juga berguna untuk mengatasi bau badan dengan cara mengolahnya menjadi sabun.

Untuk gangguan kulit , kincung juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit kulit seperti campak, cacar dan penyakit kulit lainnya.(**)

Editor : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post