Melalui Kegiatan Pesantren Berkolaborasi Selama Ramadhan Membentuk Karakter Siswa Siswi

Realitakini.com-sijunjung


Sekolah memiliki peranan penting dalam membentuk karakter siswa siswi sebagai lembaga pendidikan yang formal. Sekolah juga memiliki peranan penting dalam membantu siswa siswi mengembangkan pontensi-potensi yang dimiliki peserta didik, seperti potensi dalam bidang akademik, spritual dan sosial maupun emosional yang diharapkan dapat membawa siswa menjadi pribadi yang memiliki harkat dan martabat dalam kehidupan bermasyarakat.


Siswa siswi  yang memiliki prestasi dibidang akademik belum tentu memiliki tingkah laku sosial dan emosional yang baik, begitu juga sebaliknya siwa yang memiliki tingkah laku sosial yang baik belum tentu memiliki prestasi akademik yang baik di sekolahnya. Sekolah juga memiliki peranan penting dalam membatu orang tua dalam membentuk karakter siswa dengan menyisipkan pendidikan karakter dalam beberapa pembelajaran dan kegiatan sekolah yang diadakan pada momen-momen tertentu dalah satunya dalam kegiatan pesantren Berkolaborasi selama Ramadhan 1444 H.


Pelaksanaan pesantren Berkolaborasi selama Ramadhan 1444 H tahun ini untuk meningkatkan keimanan dan rasa syukur, serta meningkatkan akhlak mulia peserta didik sehingga mengurangi perilaku yang menyimpang seperti konsumsi narkoba maupun pergaulan bebas yang memiliki dampak buruk bagi peserta didik saat ini serta nantinya dimasa depan mereka. 

Selain itu, siswa dan siswi juga mampu membentuk mental spiritual yang tangguh dan kokoh untuk menyikapi tantangan negatif yang ada pada pribadi maupun diluar diri siswa siswi dan menjadi tokoh yang menginspirasi teman sebayanya serta lingkungan sekitar. Adapun tujuan sekolah mengadakan pesantren Berkolaborasi ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan ajaran agama islam bagi peserta didik khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Sejarah Islam , Tadarus Alquran, Bullying, Kenakalan anak remaja dan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan siswa siswi tentang ajaran agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Serta melatih kemandirian, keberanian , kejujuran, kebersamaan, dan toleransi dalam diri siswa dan siswi.


Beberapa kegiatan pesantren Berkolaborasi yang dilakukan selama ramadhan yaitu berupa aqidah dan keimanan, fiqih, akhlakul karimah, bullying, toko inspirasi islam baik dalam maupun luar negeri, khusuk ibadah di bulan ramadhan, dan generasi islam milenial. Selain itu, peserta didik juga melaksanakan tadarus alquran dan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah yang dlakukan dimesjid sekolah yang dapat menampung siswa.



Dengan adanya kegiatan pesantren Berkolaborasi selama ramadhan ini yang diisi oleh guru guru  yang sangat inspiratif, dan beberapa orang tokoh masyarakat yang di anggap  peduli dengan kemajuan dan perkembangan dunia pendidikan saat ini, para  Ustadz (Ulama ) yang ahli di bidang nya ,  bahkan menyadarkan pentingnya pendidikan karakter dengan balutan islam bagi remaja milenial.
(Jupri AK)

Post a Comment

Previous Post Next Post