Menyongsong Indonesia Emas 2045, Wagub Sumbar Ingatkan Generasi Muda Untuk Jauhi Narkoba

Realitakini.com-Payakumbuh-
Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy kembali mengingatkan generasi muda untuk menjauhi Narkoba. Menurutnya, pencegahan dan pemberantasan barang haram tersebut tidak hanya menjadi tanggungjawab aparat penegak hukum dan pemerintah semata tapi juga masyarakat.

"Ancaman Narkoba terhadap generasi muda, harus menjadi perhatian kita bersama karena narkoba tidak hanya mempengaruhi orang yang punya duit saja. Bahkan kalangan ekonomi menengah pun terjerumus," ungkap Audy saat safari ramadhan di Masjid Ikhlas, Kel. Payolansek, Kec. Payakumbuh Barat, Jumat (7/4/2023).

Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan bersama, mulai dari pemerintahan terendah RT/RW, Kelurahan, Camat dan Tokoh Masyarakat tidak terkecuali generasi muda.

Audy Joinaldy menuturkan, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN) Prov. Sumbar, Kota Payakumbuh termasuk kota nomor tiga darurat narkoba di Sumatera Barat, diurutan pertama Kota Padang, Kedua Kota Bukittinggi dan selanjutnya Kota Payakumbuh dinomor tiga. Ditegaskan Audy, saat ini Sumatera Barat memiliki kelebihan jumlah penduduk usia produktif. Bonus demografi ini akan menjadi sia-sia, jika generasi produktif tersebut akrab dengan Narkoba.

"Saat ini kita sedang kelebihan penduduk usia produktif, ditahun 2045 nanti mereka akan menjadi pemimpin menggantikan kita. Jika Narkoba terus merajalela, bukan tidak mungkin generasi produktif Sumbar akan rusak, sehingga Indonesia emas 2045 hanya menjadi angan-angan di Sumatera Barat," ujarnya.

Terakhir Wagub Audy berpesan kepada seluruh elemen masyarakat, Kelurahan, Camat dan RT/RW, Ninik mamak untuk berperan aktif membentengi generasi muda dari ancaman Narkoba. 

"Masyarakat harus memantau peredaran Narkoba di komplek-komplek, jorong desa dan kelurahan yang ada di Sumbar, jangan biarkan generasi muda kita terjerumus" ujarnya. 

Sementara, Walikota Payakumbuh diwakili oleh Asisten II Kota Payakumbuh Elzada Darmawan mengucapkan terima kasih kepada Wakil Gubernur telah memilih kota Payakumbuh sebagai kunjungan safari ramadhan dan bertemu langsung dengan masyarakat untuk bersilaturahmi.

"Kita menyambut baik gagasan yang disampaikan Wakil Gubernur terkait ide solusi untuk penyelesaian berbagai permasalahan di daerah, terutama permasalahan pentingnya menjaga generasi muda agar tidak terjerumus narkoba," tuturnya.

Di akhir acara, Wakil Gubernur menyerahkan bantuan kepada perwakilan pengurus Masjid Ikhlas, di Kel. Payolansek berupa uang tunai Senilai Rp25 juta, 20 buah sarung dan 20 buah Alqur'an. Selanjut nya, Ia juga menyerahkan bantuam makanan tambahan untuk balita 160 kotak dan makan tambahan ibu hamil sebanyak 10 dus yang diterima langsung oleh Lurah Payolansek. Sebelumnya Wagub juga me nyerahkan bantuan serupa di Masjid Amaliyah Muaro, Kel. Ikua Koto Dibalai, Koto Nan Gadang, Kec. Payakumbuh Utara.

Turut hadir mendampingi Wakil Gubernur pada kesempatan itu, Kepala Bappeda Sumbar, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumbar, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar,Kepada Dinas Kesehatan Sumbar, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sumbar, Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Sumbar, Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov Sumbar, Sekretaris Dinas Pemuda dan olahraga Sumbar. (adpsb)

Post a Comment

Previous Post Next Post