PLT Kepala Dinkes Dharmasraya, Yefrinaldi : Kita Turunkan tim Pengawasan ke pasar Pabukoan

Realitakini.com-Dharmasraya
Upaya melakukan pengawasan makanan dan minuman yang dijual pedagang di pasar pabukoan Ramadhan 1444 Hijriah.Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya telah menurunkan tim pengawasannya.

“Program pengawasan ini bertujuan untuk memberi perlindungan kepada konsumen agar pangan yang dijual selama bulan Ramadhan aman untuk dikonsumsi,” kata Pelaksanaan Tugas (Plt) Kepala Dinkes Dharmasraya, Yefrinaldi, di Pulau Punjung, Senin(10/4).

Dijelaskanya bahwa  pemeriksaan sampel barang dagangan di pasar pabukoan telah dilakukan dipasar Pabukoan Nagari Sikabau, Nagari Pulau Punjung, dan Nagari Blok B. Pemeriksaan bekerjasama dengan BPOM Dharmasraya.

”Selanjutnya hasil pemeriksaan dari beberapa sampel yang kita ambil, tidak ditemukan bahan berbahaya seperti pengawet, pewarna atau pemanis buatan yang biasa digunakan dalam makanan dan minuman yang dijual di pasar,” ungkapnya.

Ditambahkannya pemeriksaan sampel di pasar pabukoan dilakukan untuk mengecek penggunaan bahan pengawet, pewarna dan bahan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Yefrinaldi mengatakan apabila makanan dan minuman yang dijual pedagang terdeteksi menggunakan bahan kimia berbahaya maka akan dilakukan pembinaan.

”kita lihat hasilnya,kalau nanti ada terindikasi dari hasil pemeriksaan, kita akan lakukan pembinaan terlebih dahulu, untuk langkah hukum kita minimalisir itu karena sejauh inipun kalau semisalnya ada terindikasi lalu kita lakukan pembinaan, pedagang di pasar pabukoan ini tidak lagi menggunakan bahan pengawet berbahaya itu,” tambahnya.

Plt Kadis kesehatan Dharmasrya ini mengatakan dengan pembinaan yang dilakukan ke depan dapat diminimalkan penggunaan pengawet, pewarna atau pemanis buatan yang biasa ditemukan dalam makanan dan minuman yang dijual di pasar.

pihaknya tak lupa mengajak semua umat muslim menjadikan momentum Bulan Ramadhan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Ibadah puasa merupakan media untuk mendekat diri kepada Allah.

” Kita berharap agar Ibadah puasa yang berjalan baik dan lancar, dimana merupakan kewajiban umat Islam sekaligus kesempatan untuk berbenah diri guna meraih takwa kepada Allah. Bulan puasa merupakan bulan kebaikan untuk melatih dan membiasakan diri memiliki sifat-sifat mulia dalam agama Islam,” tungkasnya.(*RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post