PUPR Dharmasraya : Pembangunan Infrastruktur Berkembang

Realitakini.com-
Pulau Punjung 
Dinas Pekerja Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mengklaim pembangunan infrastruktur diberbagai bidang di daerah itu cukup berkembang sejak berapa tahun terakhir.

“Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan sejak awal kepemimpinan berkomitmen dalam percepatan pembangunan infrastruktur, alhamdulillah sejak 2016 sampai saat ini terus meningkat dan cukup berkembang pesat,” kata Kepala Dinas PUPR Dharmasraya, Junaidi Yunus, di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan pembangunan infrastruktur memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomidi daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ia merinci sepanjang 515 kilometer jalan di daerah itu telah di aspal hotmix meningkat dibandingkan kepemimpinan Bupati awal tahun 2016 baru sepanjang 415 kilometer, pembangunan rigit beton diawal 2016 sepanjang 19,7 kilometer,meningkat hari ini 27,9 kilometer.

Kemudian, jalan dengan permukaan kerikil awalnya sepanjang 464,99 kilometer, saat ini hanya sepanjang 403,5 kilometer, dan jalan tanah awalnya sepanjang 123,32 kilometer dan saat ini hanya sepanjang 95,37 kilometer.

Selain itu pelebaran jalan nasional sepanjang 11,2 kilometer, pelebaran jalan provinsi sepanjang 9,5 kilometer, dan pemeliharaan jalan nasional sepanjang 58,72 kilometer, kata dia.

“Dan 28 unit jembatan dibangun sampai saat ini, 99 unit jembatan pedesaan, pembangunan dan pemeliharaan jalan kabupaten sepanjang 99,75 kilometer, pembangunan rigid jalan nagari sepanjang 149,2 kilometer, pembangunan jalan baru usaha tani 50,9 kilometer, dan pembangunan drainase pedesaan sepanjang 43,7 kilometer,” ungkap dia.

Pemkab Dharmasraya juga telah melakukan pembangunan dan penataan perumahan pemukiman berupa peningkatan rumah layak huni melalui program bantuan stimulan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sampai saat ini sudah mencapai 3.252 unit pembangunan sarana da prasarana.

Ia menambahkan selain infrastruktur jalan, pelayanan jaringan listrik sudah mencapai 100 persen yang tersebar di 52 nagari di Kabupaten Dharmasraya.

Post a Comment

Previous Post Next Post