Rapat Paripurna DPRD, 22 Rekomendasi Terhadap LKPj Bupati Tanah Datar Tahun 2022


Realitakini.com Tanah Datar                              -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Tanah Datar menggelar Rapat Paripurna penyampaian keputusan DPRD tentang Rekomendasi DPRD terhadap LKPj Bupati Tanah Datar Tahun 2022, Selasa (04/04/2023) di ruang sidang utama DPRD setempat.

Rapat yang dipimpin Ketua Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Wakil Ketua DPRD Anton Yondra dan Saidani, 26 anggota DPRD, dihadiri Wakil Bupati Richi Aprian, Forkopimda, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, para Asisten, Staf Ahli dan pimpinan OPD, Camat, Wali Nagari dan tamu undangan lainnya.

Ketua DPRD Rony Mulyadi SE Dt Bungsu dalam sambutannya menyampaikan Nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Tanah Datar Tahun 2022 sudah diserahkan tanggal 10 Maret 2023 lalu dan direkomendasikan untuk pembahasan LKPj bupati Tanah Datar  melalui Pansus DPRD.

"DPRD Tanah Datar melaksanakan pembahasan dengan mitra dan turun langsung ke masyarakat, dan pada hari ini disampaikan 22 rekomendasi DPRD terhadap LKPj Bupati Tanah Datar Tahun 2022," kata Rony Mulyadi Dt.Bungsu.

Dari Rekomendasi DPRD  yang dibacakan Wakil Ketua Saidani sebanyak 22 Rekomendasi atas LKPj Bupati Tahun 2022 merupakan laporan hasil kesepakatan bersama anggota DPRD Tanah Datar 

Dalam 22 rekomendasi berdasarkan LKPj Bupati diantaranya pemerintah daerah diminta melakukan pengawasan secara maksimal terhadap kegiatan pembangunan di Nagari agar hasil kegiatan tersebut mencapai hasil maksimal.


Selanjutnya, dengan telah ditetapkannya Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 7 tahun 2018 tentang Nagari. Kabupaten Tanah Datar sebagai Pusat sejarah lahirnya Minangkabau yang dikenal dengan  Pusek Jalo Pumpunan Ikan, maka pemerintah daerah  diminta membentuk panitia masyarakat hukum adat sesuai dengan Permendagri Nomor 52 Tahun 2014 Pasal 3 tentang pedoman pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat.

Lebih lanjut dikatakan Saidani, dalam melaksanakan beberapa program unggulan daerah oleh OPD yang terkait, untuk lebih maksimal dan profesional lagi,  agar benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat. 

Seterusnya sampai Saidani, Rekomendasi yang tak kalah pentingnya adalah dalam LKPj tahun 2022, setelah dilakukan evaluasi dan investigasi di lapangan, dalam melaksakan program dilapangan OPD terkait untuk lebih intens lagi berkomunikasi dengan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Saidani juga sampaikan apresiasi dan terima kasih atas prestasi yang diraih pemerintah kabupaten Tanah Datar mulai dari tingkat daerah sampai ke tingkat pusat.

Bupati melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan pelaksanaan program dan kegiatan pada tahun 2022, telah diusahakan untuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya, bagi kepentingan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Tanah Datar. 

"Keberhasilan yang kita capai, merupakan hasil kerjasama kita semua antara pemerintah daerah dan DPRD, dengan dukungan forum koordinasi pimpinan di daerah dan stakeholders lainnya," ungkapnya.

Wabup juga menyampaikan, "kami selaku  pimpinan daerah tiada henti-hentinya mengimbau kepada seluruh OPD untuk senantiasa meningkatkan kinerja dengan tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugas demi kemajuan Tanah Datar," tukas Wakil Bupati  Richi Aprian. (**)


Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post