Sampaikan Informasi Kegiatan Menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, Pemko Sawahlunto Gelar Konferensi Pers

Realitakini.com Sawahlunto                                    -
Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH didampingi Wakil walikota Zohirin Sayuti, menggelar silaturahmi sekaligus konferensi Pers terkait kegiattan Pemko dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri  1 Syawal 1444 H, Selasa (18/04/2023) di Aula Rapat Kantor Walikota setempat. 

Dalam konferensi pers tersebut turut hadir Sekdako Sawahlunto Dr dr Ambun Kadri MKM,  Asisten, OPD, Kadis Kominfo Nova Etizon, serta jajaran dinas Kominfo  dan awak media. 

Walikota Deri Asta dalam kesempatan tersebut menyampaikan kegiatan digelar dalam rangka  menjalin silaturahmi sekaligus untuk menyampaikan informasi dari pemerintah kota Sawahlunto. 

"Kami dari pemerintah kota Sawahlunto sudah melakukan kegiatan rapat beberapa kali tentang kegiatan menyambut hari raya besar termasuk hari raya idul fitri1 Syawal 1444 H bersama  Forkopimda dan pejabat OPD bagaimana  kota Sawahlunto itu terlihat bersih dan nyaman karena nantinya  masyarakat dari berbagai daerah termasuk saudara kita yang pulang kampung untuk melaksanakan hari raya idul fitri 1444 H, " Ujar wako. 

Wako Deri Asta juga menyampaikan dari kegiatan  kesiapan menyambut hari raya idul fitri di bidang ketersedian bahan pangan dan sembako dari data terakhir stok tersedia dalam kondisi berada dalam posisi aman

"Terkait kenaikan harga sudah pasti ada kenaikan namun yang paling penting stok tersedia, dan kenaikan masih dalam taraf wajar, namun untuk antisipasi pemko siapkan skema akan mempersiapkan operasi pasar jika terjadi peningkatan harga yang luar biasa namun sampai hari ini berdasarkan data kenaikan masih dalam batas wajar, " Tuturnya. 

Untuk obyek wisata  kata Det Asta pemko sudah mempersiapkan tempat yang layak dan juga mempersiapkan tim untuk penyediaan di tempat obyek wisata  yang bersih serta keamanan dan ketertiban dengan menggandeng TNI-Pori, dinas perhubungan denga mendirikan pos pos pengamanan. 

"Untuk penetapan pelaksanaan hari raya idul fitri kita akan menunggu keputusan dari pemerintah pusat dengan menunggu hasil dari sidang isbat yang akan dilaksanakan pada hari Kamis setelah sholat magrib tanggal 20 April, walaupun ada organisasi yang sudah menetapkan tanggal pelaksanaan hari raya,  namun kita tetap menunggu keputusan dari hasil sidang isbat, " Ujar wako Deri Asta.

Di akhir sambutannya wako Deri Asta menyampaikan untuk pelaksanaan sholat idul fitri pemko sudah rapat bersama PHBI dan kemenag serta menyiapkan panitia dan lokasi sholat di lapangan Ombilin, namun dengan alternattif jika hujan maka pelaksanaan sholat ied dilakukan di beberapa masjid yang sudah disiapkan pemko sebagai untuk antisipasi.

"Untuk membuat lebaran berbeda dari sebelum nya  dalam memeriahkan lebaran tahun ini pemko akan menggelar  Lomba Takbiran di Masjid Agung dengan peserta 10 orang perkecamatan dan dar jajaran pemko dengan diarak pawai obor , " Kata   Wako Deri . 

lebih lanjut Wako Deri Asta mengatakan pada lebaran tahun  ini untuk hari sabtu minggu kereta api mak itam tidak akan beroperasi, dan jika mengoperasikan kereta api mak itam hanya satu kali jalan oerhari karena terkait kondisinya yang sudah tua dan tidak punya kekuatan lagi. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post