Sebagai Pintu Masuk Utama Sumbar, Dharmasraya Akan Istimewakan Pemudik

Realitakini.com-Dharmasraya
Apel gelar pasukan operasi ketupat 2023 dalam rangka pengamanan idul fitri 1444 H, tahun 2023 M. Dengan tema "Mudik Aman Berkesan". Apel dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia yang dilaksanakan pada hari ini, Senin 17 April 2022.

Di Kabupaten dharmasraya, apel gelar pasukan yang diselenggarakan pada halaman kantor Bupati Dharmasraya dihadiri, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD, Pariyanto, Dandim, Letkol Endik Hendra Sandi, Kalapas Dharmasraya, Kejari Dharmasraya, Ketua MUI, dan beberapa Kepala Dinas terkait. 

Sebagai pimpinan apel Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah. Beliau membacakan amanat yang disampaikan Kapolri, Jendral Lisyo Sigit Prabowo bersamaan hari ini di lapangan Monas Jakarta. 

Apel dimulai dengan pemeriksaan pasukan, dan perlengkapan. Kemudian pemasangan pita tanda operasi oleh Kapolres dharmasraya kepada perwakilan TNI, Polri, satpol PP, Dinas Perhubungan Dharmasraya. "Perihal ini untuk kita pedomani dan dilaksanakan di Dharmasraya", Ujar singkat Kapolres. 

Sebagai kutipan isiannya sebanyak 148 ribu lebih personel gabungan akan dikerahkan dalam Operasi Ketupat 2023. Para personel akan mengamankan arus mudik Lebaran dan menjaga objek vital. Jumlah personel yang terlibat dalam Operasi Ketupat 2023 sebanyak 148.211 personel.

Sedangkan di dharmasraya sendiri melibatkan seluruh personil, dan gabungan TNI. Juga BPBD, Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Pol PP, serta organisasi masyarakat yang ada di dharmasraya dan lain sebagainya. "Mulai besok pagi mereka sudah disebar di empat titik yang sudah disediakan poskonya jauh-jauh hari kemarin", kata Kapolres.

Empat titik pos pengamanan yang dimaksud pertama diperbatasan di Sungai Rumbai sebagai pintu masuk sumbar, kedua wilayah Koto Baru sebagai wilayah pertengahan jalinsum Dharmasraya. Kemudian di Umega Gunung Medan sebagai tempat yang diprediksi sebagai persinggahan banyak pemudik, kemudian titik ke empat di Sialang menuju pintu masuk Kabupaten Sijunjung.

ABP Nurhadianyah juga menyampaikan kepada anggota yang lain untuk giat melakukan patroli jam rawan, ini sebagai langkah antisipasi terjadinya gangguan Kamtibmas kepada masyarakat. 

“Jadikan mudik aman dan berkesan, dan saya tekankan untuk dipedomani melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh juga humanis. Kelengkapan selama berjaga di pos pengamanan harus diperhatikan, ini juga harus diterapkan pada arus balik nantinya. Terakhir pastikan informasi situasi dan kondisi dengan baik melalui Iklan Layanan Masyrakat,” tutup Kapolres.)(TS)

Post a Comment

Previous Post Next Post