Sebayak 2.600 Keluarga Terdaftar DTKS, Terima Bantuan Beras Dari Pemda Tanah Datar


Realitakini.com Tanah Datar                                    -Diserahkan secara simbolis oleh Bupati Eka Putra, SE, MM sebanyak 2.600 keluarga terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Tanah Datar  menerima bantuan beras, Kamis (13/04/2023) di Kantor POS Batusangkar.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Eka Putra mengatakan, menjelang lebaran ini masyarakat Tanah Datar yang tersebar di 14 kecamatan dan terdaftar dalam DTKS akan menerima bantuan beras dan masing-masing akan menerima sebanyak 10 kg.

“Saat ini saya didampingi Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Kadis Pertanian, Pimpinan PT. Pos dan Bulog menyerahkan secara simbolis bantuan beras tersebut kepada masyarakat yang masuk dalam daftar DTKS, dan kita juga meninjau ketersediaan stok yang sudah tersedia digudang Bulog dan mengecek langsung proses pendistribusian beras-beras ini ke -14 kecamatan di Tanah Datar,” ujarnya.

Bupati Eka Putra menyebut sebanyak 260.000 ton beras ini akan didistribusikan melalui PT. Pos Indonesia Batusangkar yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan juga Bulog.

“Selaku Kepala Daerah saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pemberian bantuan beras ini hingga terdistribusi dengan baik kemasyarakat, semoga apa yang kita lakukan ini menjadi amal ibadah bagi kita semua,” ucapnya.

Terkait stok pangan selama bulan puasa hingga lebaran nanti dikatakan Bupati Eka Putra aman dan harga juga terkendali.

Sebelumnya Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Suhermen mengatakan pemberian bantuan tersebut dalam rangka Penyaluran Cadangan Pangan (PCP) dari hasi koordinasi Pemerintah Daerah (OPD terkait) PT. Pos Cabang Padang Panjang dan Bulog Sub Drive Solok dimana bantuan ini berupa beras, untuk Kabupaten Tanah Datar sebanyak 26,032 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Bantuan beras ini diberikan masing-masing 10 kg untuk tiga bulan (Maret, April dan Mei) dan diberikan secara bertahap dan untuk pendistribusian ditugaskan kepada PT. Pos,” ucapnya.

Irham Asmen kantor Cabang Bulog Solok mengatakan untuk stok Tanah Datar masih dubutuhkan tambahan sebanyak 110 ton lagi dari pusat dan diperkirakan tanggal 17-19 April ini sudah tiba di Tanah Datar dan diupayakan menjelang lebaran sudah habis terdistribusikan.

Sementara itu ditempatkan yang sama, Pimpinan PT. Pos Cabang Padang Panjang Puti Kumala Dewi mengatakan pendistribusian ini dibagi dua ada yang di kantor pos ada juga yang di kantor wali nagari dan dari Bulog mobilisasinya langsung ketitik bagi.

“Saat ini didistribusikan di beberapa kecamatan seperti Kecamatan Tanjung Emas, Lima Kaum, Sungai Tarab, Rambatan, Pariangan, Sungayang dan X Koto,” tuturnya. . (**) 

Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post