Sekda Adlisman Buka Sosialisasi Lomba Kebersihan

Realitakini.com-Dharmasraya
Lomba kebersihan antar nagari, antar sekolah, antar unit fasilitas pelayanan kesehatan dan antar OPD terus bergulir. Hari ini Selasa 4 April 2023 di aula Kantor Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, H. Adlisman, S.Sos., M.Si membuka sosialisasi lomba kebersihan.

Sosialisasi lomba kebersihan tingkat Kabupaten Dharmasraya diikuti seluruh walinagari, seluruh kepala Puskesmas dan seluruh kepala OPD. Acara yang digagas DLH bersama OPD terkait itu berlangsung dalam suasana penuh semangat, meski di bulan ramadhan.

Dalam sambutannya, Sekda Adlisman menyatakan, persoalan sampah bukan hanya sebatas menghilangkan dari pandangan mata. Namun sampah perlu dikelola menurut kaidah lingkungan hidup. Prinsip lingkungan hidup, sampah tidak boleh dibuang di sembarang tempat, namun harus dipilah dan diolah.

Persoalan sampah, sambung pejabat yang dijuluki "Urang Surau" ini sudah menjadi masalah bersama. Oleh karena itu pengelolaan sampah harus melibatkan banyak orang. Makanya, untuk menyelesaikan masalah sampah, perlu semacam gerakan yang melibatkan semua kalangan dan semua orang.

Lebih jauh Sekda Adlisman mengatakan, lomba kebersihan itu salah satunya ditujukan agar terwujud gerakan masyarakat yang dimulai dari gerakan perubahan paradigma pengelolaan sampah, gerakan pemilahan sampah dan gerakan pengolahan sampah.

"Khusus untuk pak walinagari, hendaknya dapat juga membuat kegiatan lomba kebersihan antar jorong, atau lomba kebersihan antar dasa wisma dan sebagainya," jelas Adlisman. Dengan demikian, apa yang akan terjadi, adalah satu gerakan untuk mewujudkan paradigma pengelolaan sampah yang baru.

Sekda Adlisman yang didampingi Kadis LH Budi Waluyo juga menginstruksikan agar semua OPD, Nagari dan Unit Fasyankes dapat mendukung gerakan peduli sampah dan juga gerakan sampah naik kelas dengan mengikuti serta berpartisipasi aktif dalam kegiatan lomba kebersihan. "Jangan sampai ada yang tidak ikut," kata Adlisman.( kmf/ Ts)

Post a Comment

Previous Post Next Post