Sekertaris Kelompok Uma Goiso Oinan Parsepius : Budidaya Lebah Madu Memiliki Nilai Ekonomis Yang Cukup Tinggi

Realitakini.com-  Mentawai
Budidaya lebah madu memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan membantu penyerbukan tanaman di sekitarnya. Selain itu madu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga permintaanya cenderung tinggi.
Hal ini di sampaikan sekertaris kelompok Uma Goiso Oinan parsepius saat di temui di kebunnya, Desa Goiso Oinan Kecamatan Sipora Utara Selasa(25/04/23)

Pria yang juga merupakan peternak lebah ini telah membudidayakan lebah madu galo - galo sejak tahun 2022 dari bantuan dari KPH kepulauan Mentawai sebanyak 30 stup untuk di kembang biyakan sama kelompok, dan tingginya permintaan  akan madu yang sangat tinggi manfaat nya untuk kesehatan.

Budidaya lebah ini mudah , tidak memerlukan lahan yang luas kita hanya menjaga kotak - kotak lebah dari musuhnya misalnya ,cicak, semut,kecoak." Ujarnya Parsepius.
Selanjutnya , Parsepius menjelaskan kelompok Uma Goiso Oinan ini sudah bekerja sama dengan KPH kepulauan Mentawai jadi dalam pengembangan dan perawatan lebah madu, sudah  mendapatkan bimbingan dan pelatihan.

Saya merekomendasikan generasi muda yang ingin punya penghasilan dan pendapat sampingan ,bisa men coba ternak lebah apalagi kondisi alam Mentawai cocok untuk ternak lebah.Selain itu ,ternak lebah inijuga mendukung kesejahteraan petani sesuai dengan program prioritas pemerintah yaitu Agri Unggul.( AJ-RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post