Walikota Solok Hadiri Pertemuan Panggung Pidato Adat se Kota Solok

Realitakini.com-Kota Solok  
Walikota Solok Zul Elfian Umar menghadiri pertemuan Panggung Pidato Adat se-Kota Solok, yang di gelar oleh tokoh adat Kota Solok di Mesjid Nurussakinah, Kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Jumat (28/04/2023).

Turut hadir Ketua LKAAM Kota Solok, Ketua Bundo Kanduang Kota Solok, Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok, Lurah Nan Balimo, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, beserta seluruh Panggung Pidato Adat se-Kota Solok.

Ketua Panggung Pidato Adat Kelurahan Nan Balimo, Septunus Datuak Mangkuto Sati mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih, sekaligus mengucapkan Mminal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh panggung pidato adat yang telah hadir pada kesempatan ini.  Sementara itu, Walikota Solok Zul Elfian Umar dalam sambutannya mengatakan, silaturrahmi sangat di senangi oleh Rasulullah Muhammad SAW. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari menjaga silaturrahmi ini.

"Terima kasih atas kegiatan yang terlaksana. Panggung Pidato Adat merupakan kebanggaan Kota Solok yang harus kita pertahankan, dan kita tingkatkan. Kewajiban kita menjaga dan mewariskan nilai-nilai adat dan budaya kepada generasi muda," ingat Zul Elfian Umar. 

Disampaikannya, setiap anak muda di Kota Solok harus tahu dan bisa petatah-petitih, pidato pasambahan, basilek dan mangaji. Kota Beras Serambi Madinah berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK), Syarak Mangato, Adat Mamakai tidak hanya slogan, namun bisa kita buktikan. 

"Ninik Mamak Kota Solok adalah ninik mamak yang religius dan agamais, bahkan sebagian besar adalah buya. Insya Allah, nilai adat dan budaya akan bersama kita pertahankan dan kita tingkatkan kedepannya," ajaknya. 

Saat ini, imbuhnya, kita memang masih tertinggal. Satu-satunya daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang belum memiliki Rumah Sakit (RS) hanya Kota Solok. Alhamdulillah kita sedang membangun RSUD Kota Solok di Banda Panduang dan GOR Marahhadin di Laing.

"Selain itu, berbagai pembangunan juga sedang dilakukan Pemko Solok. Untuk itu, diminta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Solok demi terwujudnya Kota Solok Berkah, Maju dan Sejahtera (Berjuara)," harapnya.Diakhir sambutan, Wako Solok didampingi Kadis Pariwisata, Milda Murniati menyerahkan bantuan dana kepada pengurus Panggung Pidato Adat Nan Balimo. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post